post image
KOMENTAR
Tambang emas Martabe terus mendorong kreativitas anak muda di Sumatera Utara agar terhindar dari pengangguran dan kemiskinan. Salah satunya dengan menggelar seminar berthema "5 Langkah Sukses Menjadi Wirausaha Muda" di Stand Tambang Emas Martabe pada pagelaran Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Medan.

Minimnya ide dan kreativitas masih dinilai sebagai salah satu momok yang memicu tingginya angka pengangguran di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Demikian disampaikan motivator dan pengusaha muda, Edvan M Kautsar yang menjadi pembicara.

"Tantangan utama pengusaha muda bukanlah yang paling utama, melainkan ide dan kreativitas yang harus sejalan dengan kondisi pasar dan edukasi.  Untuk itu  diharapkan  masyarakat dapat berwirausaha  guna mendorong terciptanya pengusaha muda di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumut," katanya, Senin (23/3/2015).

Ia mengaku, menjadi pengusaha di usai belia menjadi daya tarik tersendiri baginya.

"Pasang surut bisnis dan kehidupan membuat saya semakin tertantang untuk memperbaiki kualitas diri semakin lebih baik," katanya.

Berdasarkan data BPS tahun 2014, katanya, tingkat pengangguran terbuka mengalami peningkatan 5,94 persen dibandingkan TPT Februari 2014 sebesar 5,70 persen.

"Hampir 70 persen pengangguran berada di usia 15 hingga 25 tahun. Dalam tahap Indonesi membangun saat ini, bursa kerja menunjukkan defisit pekerja terampil dan surplus non terampil yang dijumpai dalam pencari kerja," jelasnya.

Dijelaskannya, salah satu cara untuk mengatasi itu adalah dengan menanamkan jiwa kewirausahaan sedini mungkin kepada masyarakat.

Selain itu,  Dengan berwirausaha masyarakat, khusunya anak muda tetap memiliki alternatif mencari mata pencarian guna bertahan hidup dan dapat membuka peluang bagi orang banyak.

"Ada lima langkah sukses menjadi wirausaha muda yaitu dimana ada niat disitu ada jalan,  passion, the power of dream,
Jangan membatasi diri dan jabarkan misi. Dengan lima langkah itu, kita dapat menjadi wirausaha muda," pungkasnya.  

Manajer Senior Komunikasi Korporat Tambang Emas Martabe, Katarina Siburian mengaku, seminar ini diadakan guna mendorong lahirnya wirausahawan muda.

"Kewirausahawan banyak menawarkan solusi bagi anak muda yang belum mempunyai pekerjaan dan memang enggan masuk kedalam perusahaan. Wirausaha dapat menciptakan pembangunan dan kesejahteraan negara lewat kontribusi hasil produk maupun pajak," jelasnya.

Untuk itu, katanya, dengan adanya seminar ini, Tambang Emas Martabe mendorong kreativitas muda untuk meningkatkan pemerataan ekonomi di Sumut. 

"Dengan berwirausaha sejak dini, maka anak muda dapat membuka peluang bagi orang banyak dan inilah komitmen dari Tambang Emas Martabe," pungkasnya.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi