post image
KOMENTAR
Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) semakin mengkhawatirkan penyebaran paham radikalisme. Sebab, paham yang mendasari gerakan terorisme itu ditengarai sudah melebar ke kalangan profesional, dan selebritis.

"Radikalisme itu mengancam seluruh lapisan masyarakat, sehingga kita tidak boleh hanya sekadar bertahan, tetapi harus bisa melawan dan memberantasnya," tegas Wakil Sekjen PBNU, H Adnan Anwar, Rabu (3/6/2015).

Adnan menambahkan, mereka juga membidik kalangan menengah seperti pegawai negeri, aparat TNI, Polri, bahkan petugas Lembaga Pemasyarakat pun ada yang terbawa paham radikalisme.

"Ini fakta yang tidak bisa dibantah sehingga harus ada gerakan nyata untuk melawan mereka. Saya khawatir bila dibiarkan seperti ini, artinya pemerintah tidak menyiapkan instrumen hukum yang pasti, kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia ini bakal terancam," ungkap Adnan.

Adnan mengakui, mobilisasi propaganda di kalangan menangah ini sangat kuat, sehingga belakangan memang agak sulit untuk membendung pergerakan mereka, termasuk melalui media sosial. "Ada profesor, doktor, insinyur, bahkan jurnalis. Merekalah yang justru paling berbahaya. Kalau martir-martirnya mudah diatasi," jelasnya.

Adnan berharap, pemerintah segera membuat instrumen hukum pasti terkait gerakan-gerakan radikalisme itu, apalagi yang ingin meruntuhkan NKRI dengan mendirikan negara lagi. "Bayangkan saat ini ada organisasi yang jelas-jelas ingin mendirikan negara sendiri masih bisa bebas menggelar kegiatannya," jelasnya.

Di sisi lain, mantan aktivis Jamaah Islamiyah (JI) Ustadz Abdurrahman Ayub meminta pemerintah menerapkan cara-cara pemberantasan paham radikalisme dan terorisme seperti cara-cara yang digunakan pada zaman Orde Baru.

"Di zaman Orde Baru, pelaku terorisme, seperti saya waktu itu, tidak bisa hidup dan tidur nyenyak di Indonesia. Alhasil kami harus hijrah ke negara lain, seperti Malaysia, Pakistan, dan Afganistan. Bagaimana kami tidak pergi, saat itu, RT atau RW bisa menjadi intel sehingga tidak ada ruang bagi terorisme untuk menjalankan kegiatannya," tandasnya. [ben/rmol]






Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa