post image
KOMENTAR
Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya umat Islam untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan hati yang bersih.

Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj mengatakan saatnya semua pihak menjaga kehidupan yang damai, tentram dan penuh ketenangan. Karena itu jauhkan konflik, kekerasan, tawuran antar warga, satukan gerak dan langkah untuk membangun negeri dengan menjaga suasana kedamaian dan persaudaraan, serta menghindari tindakan yang destruktif memancing retaknya persatuan dan kesatuan bangsa.

"Mari sama-sama jauhkan konflik, dan hindarkan tawuran antar warga. Mari jaga ketenangan bersama demi bulan suci Ramadhan ini," kata Kiai Said dalam keterangannya, Selasa (16/6/2015).

Makanya, sambung Kiai Said, PBNU menolak aksi sweeping dan semacamnya yang kerap dilakukan oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan saat bulan suci Ramadhan.

"Kami minta tidak ada lagi aksi sweeping maupun semacamnya," tegasnya.

Sebab, Kiai Said menilai tindakan itu justru mengurangi makna kedamaian Ramadhan dan juga masyarakat Indonesia kini sudah memiliki kesadaran sendiri untuk menghormati Ramadhan.

"Saya rasa kedewasaan umat Islam dari hari ke hari semakin baik, sehingga tidak perlu ada kekerasan. Bangun toleransi dan persaudaraan," tukasnya.

Sore ini, Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat untuk menentukan awal Ramadhan 1436 H/2015 M. "Setelah maghrib, kita kan memusatkan sejumlah orang untuk mengamati hilal. Kemungkinan dua saja, kalau ada yang bisa melihat hilal, maka besoknya 1 Ramadan. Tapi kalau setelah maghrib tidak ada satupun yang bisa melihat hilal, maka Sya'ban digenapkan 30, sehingga 1 Ramadhan baru lusanya," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Namun, Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadan tahun ini jatuh pada Kamis 18 Juni.[rgu/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas