post image
KOMENTAR
Jelang bulan suci Ramadhan, harga kebutuhan bahan-bahan pokok di wilayah Bengkulu merangkak naik.

Sebagaimana pantauan di Pasar Panorama, kenaikan tertinggi terjadi pada cabai merah yang mencapai Rp 35 ribu per kilogram. Bandingkan dengan harga sebelumnya yang berkisar antara Rp 28 ribu hingga 30 ribu per kg.

Seorang pedagang di Pasar Panorama, Darlismani menuturkan, kenaikan harga cabai terjadi hampir setiap tiga hari sekali. Hal ini dipengaruhi hasil panen petani, terlebih dalam kondisi musim kemarau.

"Terkadang kenaikan harga cabai ini bukan hanya menjelang bulan puasa saja, tetapi memang untuk saat ini pemasokan dari luarkota cukup kurang seperti Jawa, Lampung, Pasma dan Pagar Alam sehingga cabai yang ada sekarang hanya berasal dari Curup," ucapnya seperti dilansir RMOLBengkulu.Com.

Selain cabai, kenaikan juga terjadi pada bawang merah seharga Rp 44 ribu per kg. Naik dari harga sebelumnya antara Rp 28 ribu hingga 30 ribu per kg.

"Bahan-bahan sembako yang mengalami kenaikan harga ini mulai terasa ketika memasuki bulan Mei, mungkin ini sudah jadi tradisi menjelang bulan puasa, selain bawang merah, untuk bawang putih juga naik yaitu dari Rp 18 menjadi Rp 24 per Kg," tutur Ilham, seorang pedagang lainnya.

Demikian pula telur yang naik hingga Rp 40 ribu per karpet. Ayam per kg menjadi Rp 36 ribu dari Rp 25 per kg.

Sementara harga bahan pokok lainnya seperti beras tidak mengalami kenaikan signifikan. Untuk tipe tertingginya masih di kisaran Rp 10.500 per kg, tipe sedang Rp 9 ribu/kg dan tipe beras terendah Rp 8 ribu/kg. Gula dari Rp 10 ribu menjadi Rp 13 ribu dan minyak goreng dari Rp 10 menjadi Rp 11.500 per kg.

"Diperkirakan harga ini akan bertahan hingga lebaran," ujar Emi, pedagang sembako.[rgu/rmol]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi