post image
KOMENTAR
Menghadapi pilkada 2015, masyarakat kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara, menghendaki kepala daerah yang memiliki rekam jejak yang baik dan dinilai memiliki kemampuan yang memadai.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Focus Survey Indonesia, Pandapotan Lubis, dalam keterangan terkait dengan survei dengan tema "Survei Elektabilitas Calon Bakal Bupati Toba Samosir  2015-2020."

Survei ini melibatkan 1036 responden yang tersebar di 16 kecamatan, yang terdiri dari 281 Desa dan 19 Kelurahan. Tingkat kepercayaan survei yang digelar 5-15 Juni ini adalah 98 persen, dengan margin erorr 3,6 persen.

Sementara itu, lanjutnya, tokoh yang memiliki elektabilitas tertinggi sebagai Bupati Tobasa adalah Poltak Sitorus dengan angka 27 ,4  persen. Selanjutnya dua besar yang akan memasuki putaran dua bersama Poltak Sitorus adalah Darwin Siagian yang memperoleh elektabilitas sebesar 15,8 persen dan Sahat Panjaitan 10 persen. Sedangkan tingkat penerimaan calon lain hanya di bawah 10 persen.

Dilihat dari tingkat keyakinan masyarakat terhadap para calon dalam menyelesaikan prioritas masalah di Tobasa, maka para responden memilih Poltak Sitrorus sebagai calon Bupati Tobasa sebesar 23 persen, berikutnya Darwin Siagian sebesar 18 persen, sedangkan calon lainnya tingkat penerimaannya hanya di bawah 10 persen," kata Pandapotan dilansir RMOL.co, Kamis, (25/6/2015).

"Hasil survei ini, bila pemilukada dilaksanakan pada hari ini, maka yang akan terjadi adalah 2 putaran, karena tidak ada satu calonpun yang bisa meraih suara mayoritas," demikian Pandapotan.[rgu/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa