post image
KOMENTAR
Ancaman Putus Hubungan Kerja (PHK) benar-benar terwujud. Di  Jombang, Jawa Timur, tercatat 1.520 pekerja yang dirumahkan sejak Januari sampai 22 September 2015 ini.

Melihat banyaknya PHK itu, usaha buruh yang berunjuk rasa menuntut kenaikan UMK (Upah Minimum Kabupaten) Jombang 2016 sebesar Rp 2,7 juta, sepertinya akan sulit tercapai.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Jombang, Heru Widjojanto mengatakan, adanya ribuan pekerja yang terkena imbas PHK ini diketahui saat dirinya menghadiri pertemuan dengan Disnakertransduk Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu.

"’Benar, saya juga sudah melaporkan kepada bupati, bahwa pekan kemarin saya diundang ke provinsi. Dalam pertemuan itu dari BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) mengatakan data pengajuan JHT (Jaminan Hari Tua) untuk Jombang sebesar 1.520. Mayoritas semuanya karena PHK,"’ ujarnya seperti dilansir JPNN.Com.

Lebih lanjut ia menuturkan, ribuan pekerja yang terkena PHK itu berasal dari delapan perusahaan lokal maupun penanaman modal asing di Kabupaten Jombang. Dengan rincian, MPS Ngoro 271 orang, MPS Perak 200 orang, RSK Mojowarno 37 orang, Karya Mekar 294 orang, Eksan Ceria 50 orang.

"Selain itu ada juga dari Seng Fong yang terbesar sebanyak 668 orang," tambahnya.

Menurut Heru, PHK terbesar terjadi pada pertengahan tahun ini, yakni bulan Agustus dan September. "Jumlahnya hampir mencapai 700 orang," jelasnya.

Heru menambahkan, ada beberapa penyebab banyaknya PHK yang dilakukan para perusahaan di Kabupaten Jombang. Salah satunya, yakni dengan adanya krisis ekonomi yang berkepanjangan. Selain itu juga melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar membuat biaya produksi semakin tinggi.

"Kalau penyebabnya yang pertama karena krisis ekonomi. Kemudian yang kedua, karena krisis ekonomi ini dan UMK Kabupaten Jombang tergolong tinggi, sehingga menjadi beban perusahaan. Akhirnya memilih pengurangan karyawan itu," tuturnya.[hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas