post image
KOMENTAR
Peran serta ayah dalam mengasuh anak dinilai sangatlah penting. Hal ini dikarenakan ayah merupakan pelengkap dan penyeimbang pengasuh dari ibu.

"Dengan mengasuh anaknya, sang ayah dapat mengajarkan keterampilan motorik, mengembangkan sifat maskulin (berani, rasional, pantang menyerah) dan mengembangkan kecerdasan serta kedekatan timbal balik kepada si anak," kata prikolog UI, DR Adriani S Ginanjar dalam acara Happy Date with Legendaddy di Plaza Medan Fair, Minggu (11/10).

Diungkapkannya, saat ini seringkali lingkungan belum memberikan kepercayaan kepada ayah dan masih meragukan kemampuan ayah dalam mengasuh anaknya.

"Ayah merupakan teladan dalam mendidik putera - puteri semata wayangnya. Nah semakun banyak ayah yang ikut serta dalam mengasuh anaknya, maka akan menjalin hubungan yang dekat denga si anak," katanya.

Untuk memberikan perhatian yang optimal, katanya, diperlukan komunikasi terbuka antara kedua orang tua yang secara tidak langsung juga turut membangun kuatnya ikatan emosional diantara mereka.

"Ikatan emosional yang kuat nantinya akan membantu ayah dan ibu untuk saling mendukung, menjaga dan mengingatkan komitmen masing- masing dalam mengasuh anaknya. Kondisi seperti ini yang akan menimbulkan perasaan nyaman dan aman dalam diri is kecil, sehingga ia dapat tumbuh dan berkembang sebagai individu yang bahagia," jelasnya.

Vokalis Band Gigi, Arman Maulana mengaku, dirinya merupakan sosok yang luwes dalam mengasuh puteri semata wayangnya.

"Saya dan kelima saudara kandung saya tidak pernah merasa kekurangan kasih sayang ayah. Hal ini yang memicu saya untuk memastikan anak saya mendapatkan perhatian yang cukup. Duduk bersama sekedar menanyakan kabar dan bersenda gurau pun sudah menjadi interaksi yang menyenangkan buat kami," ungkapnya. [ben]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas