post image
KOMENTAR
Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi (Menakertrans) Hanif Dhakiri Muhammad Hanif Dhakiri mengakui masih perlu dilakukan percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja Indonesia untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan segera diberlakukan.

"Ini memang tantangan buat kita, karena merupakan kesepakatan internasional, mau gak mau kita harus siap. Oleh karena itu, sisa waktu yang tersedia harus kita manfaatkan secara optimal untuk melakukan percepatan peningkatan kompetensi dari tenaga kerja kita," ujarnya," Jumat (11/12).

Selain peningkatan kompetensi, lanjutnya, pemerintah juga mendorong dilakukannya percepatan sertifikasi profesi terutama dari sektor-sektor prioritas.

"Kalau kedua hal itu sudah kita laksanakan dengan cepat, Insya Allah kita bisa merespons tantangan global ini dengan baik," ucapnya.

Pelaksanaan MEA diakuinya, dapat menimbulkan dampak negatif terhadap dunia ketenagakerjaan di Indonesia jika tenaga kerja kita tidak menyiapkan kompetensinya dengan baik.

"Oleh karena itu kompetensi harus kita percepat, sertifikasinya juga. MEA sudah di depan mata, kita akan gunakan waktu yang tersisa untuk melakukan percepatan-percepatan itu," tukasnya.[rgu] 

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi