post image
KOMENTAR
Saat ini Petani di Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat sumringah. pasalnya di akhir 2015, petani menuai hasil panen dengan harga dan produksi yang sedang tinggi.

"Harga panen kering di akhir 2015 ini meningkat, yakni Rp 4.000 per panen/ hektare (ha). Dengan produksi sebesar 6-7 ton, untuk lahan berkisar 520 ha. Kalau dulu, harganya berkisar Rp 3.700-Rp 3.800 per panen/ha, dengan produksi sebesar 4-5 ton. Alhamdulillah, petani sumringah," ujar Ketua Kelompok Tani Tri Murni Pematang Cengal Barat Tanjung Pura Langkat kepada Medanbagus.com, Jumat (22/1).

Darmawan menjelaskan, kenaikan ini disebabkan beberapa faktor, yakni bersamaan dengan kenaikan harga beras di pasaran, dan juga masa panen yang tidak serentak dengan kabupaten/ kota lainnya di Sumatera Utara (Sumut). Sehingga, hasil panen milik petani di Tanjung Pura Langkat menjadi prioritas.

"Kita bersyukur, kita anggap ini sebagai berkah, tidak ada kendala lainnya juga, seperti hama, penyakit dan sebagainya. Kalau pun ada kendala itu, masih diatasi petani. Selain itu, daerah lain juga  sedang tidak memasuki masa panen. Jadi, harga yang diperoleh petani sangat bagus," tuturnya.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi