post image
KOMENTAR
MBC.  Wajah intelijen Indonesia semakin suram. Hal ini misalnya terlihat dengan eredarnya surat keputusan (SK) pengangkatan Banyu Biru sebagai agen intelijen Badan Intelijen Negara (BIN).

"Inilah suramnya wajah intel kita, di saat bangsa ini sedang membutuhkan aparat intelijen yang tangguh, profesional, dan berdedikasi tinggi dalam rangka menghadapi gerakan teroris yang semakin masif dan brutal," kata Wakil Ketua Komisi I, TB Hasanuddin, dalam keterangan Senin malam (1/2).

Sejatinya, lanjut TB Hasanuddin, agen intelijen harus menutup identitasnya dalam menjalankan tugas. Pasalnya, selain sudah tersumpah, dengan terbukanya identitas sebagai agen intelijen, maka hal itu bisa mengancam keselamatan yang bersangkutan.

"Tapi kita malah disuguhi aparat intel yang kolokan, membuka identitas dirinya ke publik bahwa dia adalah agen intelijen. Dia tidak sadar bahwa perbuatannya itu dapat membahayakan dirinya, dan telah melanggar kode etik serta sumpah intelijen," sesal mantan Kepala Staf Garnisun Wilayah DKI Jakarta ini.

Menurut TB Hasanuddin, peredaran SK pengangkatan agen intelijen itu menjadi tanggung jawab Kepala BIN. Sebab, sebelum yang bersangkutan diberikan SK, sudah seharusnya para agen ini diberi dulu penataran, kursus, dan pengetahuan dasar soal keintelejenan, prosedur kerja, cara berkomunikasi dan kode etik intelijen.

"Setelah semuanya dilalui dengan baik, baru kemudian dilakukan penyumpahan dan terakhir baru diberi SK," tutur mantan Sekretaris Militer ini.

Mendengar berita ini, para komunitas intelejen pun, kata TB Hasanuddin, sangat menyesalkan  mengapa kasus ini bisa terjadi, dan menyarankan segera susun dan perkuat personil-personil BIN agar mampu melaksanakan tugasnya dengan lebih baik lagi.

"Isi BIN dengan aparat intelejen profesional, tangguh dan berdedikasi tinggi demi bangsa dan negara," pungkas purnawirawan Jendral TNI AD bintang dua ini. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas