post image
KOMENTAR
Bulog Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara menggelar operasi pasar untuk komoditi bawang merah, bawang dan beras. Operasi pasar ini dilakukan secara bergantian pada seluruh pasar tradisional yang ada di Medan.

Asisten Humas, Khairul Anwar Sitompul mengatakan operasi pasar ini mereka lakukan untuk menjaga harga sembako yang kerap tidak stabil seperti cabai merah, bawang dan beras. Operasi pasar seperti ini menurutnya akan menjadi kegiatan rutin dari Bulog yang akan mereka lakukan pada pasar-pasar yang ada di Medan.

"Tiap hari, kita keliling seluruh pasar tradisional," katanya saat ditemui di Pasar Petisah, Medan, Rabu (16/3).

Khairul menjelaskan, barang-barang komoditi yang mereka tawarkan dalam operasi pasar tersebut dibeli langsung oleh Bulog dari masyarakat dengan harga yang sama dengan pedagang lainnya. Namun penjualannya mereka lakukan dengan harga yang tetap dianggap stabil sehingga tidak memicu kenaikan harga. Sebagai contoh, saat ini harga cabai merah yang mereka jual masih pada kisaran Rp 40 ribu per kilogram, sedangkan harga cabai merah dipasaran saat ini yakni sekitar Rp 45 ribu per kilogramnya.

"Ini kan untuk masyarakat juga," ungkapnya.

Data yang disampaikan Khairul, pihak bulog mampu menghabiskan sekitar 1 ton cabai merah per minggu di Kota Medan selama operasi pasar berlangsung.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi