post image
KOMENTAR
Beberapa tahun lalu, posisi Indonesia dan Thailand dalam dunia sepak bola tidak jauh beda.

Tapi saat ini, sepak bola Thailand sudah loncat jauh. Timnas gajah putih tinggal selangkah lagi sampai ke putaran final Piala Dunia 2018. Sedangkan dunia bola Indonesia semakin runyam.

Thailand baru saja lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 untuk zona Asia. Jika di putaran ketiga nanti Thailand mampu menjadi pimpinan klasemen, mereka akan menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang ikut bertanding dalam putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia nanti.

Keberhasilan Thailand masuk putaran kualifikasi Piala Dunia setelah berhasil menahan imbang Irak dengan skor 2-2 yang digelar di Tehran, Kamis pekan lalu. Dengan tambahan 1 poin, Thailand menjadi juara Gruf F dengan total poin 14. Sedangkan Irak jadi menjadi runner-up dengan 9 poin.

Selanjutnya, Thailand akan bergabung dengan 11 timnas lainnya dari zona Asia untuk memperbutkan 4 tiket lolos langsung ke putaran final Piala Dunia, atau satu tiket play-off dengan wakil dari zona Concacaf (Amerika Utara dan Amerika Tengah plus Karibia).

Dalam putaran tiga nanti, ada 12 tim yang dibagi dalam dua grup. Selain Thailand, ada Arab Saudi, Australia, Jepang, Korea Selatan, Iran, Uzbekistan, dan China.

Keberhasilan Thailand ini seakan membuat publik di Tanah Air iri. Pasalnya, prestasi Indonesia dan Thailand tidak jauh-jauh amat. Pada Maret 2015 misalnya, Thailand berada di rangking 142 dunia dan Indonesia ada di 156 dunia. Tapi kini, rangkingnya sudah jauh berberda.

Dengan keberhasilan masuk putaran tiga kualifikasi Piala Dunia, Thailand bertengger di rangking 118 dunia. Sedangkan Indonesia, setelah kena sanksi FIFA, merosot ke rangking 178. [hta/rmol]

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Olahraga