post image
KOMENTAR
Keputusan Ade Komaruddin mengundurkan diri sebagai calon Ketua Umum DPP Partai Golkar sebenarnya hanya sebagai balas budi kepada Aburizal Bakrie dan Setya Novanto.

Penilaian tersebut disampaikan peneliti Sinaksak Center, Osbin Samosir, dalam keterangan tertulisnya sesaat lalu (Selasa, 17/6).

Karena Ade mundur, Setya Novanto akhirnya secara aklamsi terpilih sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar.

"Mundurnya Ade Komaruddin adalah bentuk balas budi Ade Komaruddin kepada saran dan anjuran Aburizal Bakrie mantan Ketua Umum dan kepada Setya Novanto yang sempat jadi pesakitan sebagai Ketua DPR RI akibat masalah kode etik," ungkap Osbin Samosir.

Ade sebenarnya berhak maju karena mendapat 31 persen (173 suara). Sementara Setya Novanto mendapat  suara sangat signifikan di atas 50 persen (277 suara). Bakal calon yang berhak maju apabila mendapat dukungan minimal 30 persen dari peserta Munaslub Golkar.

Menurut Osbin perolehan suara cukup besar Ade Komaruddin sebagai seorang junior dan baru saja mendapat jabatan strategis sebagai Ketua DPR RI sebagai "hibah" dari Aburizal Bakrie dan Setya Novanto, tentu saja sangat mengecewakan kubu Setya Novanto.
 
"Perkiraan sederhananya, dengan bergeraknya semua jaringan SN dan ARB serta LBP (Menko Polhukam, Luhut Binsar Panjaitan), mestinya pemilihan cukup satu putaran, dan ternyata harapan itu meleset," kata Osbin Samosir.
 
Osbin menambahkan bahwa ke depan, sosok SN yang merupakan kader terbaik Aburizal Bakrie dan dukungan konkret dari pemerintah melalui LBP akan membuat kepemimpinan Partai Golkar kembali ke fitrahnya sebagai pendukung pemerintah.

"Yang dibutuhkan segera adalah konsolidasi internal untuk merangkul seluruh elemen Partai Golkar untuk bersatu kembali khususnya dengan kubu  6 (enam) calon lain yg sempat menjadi pesaingnya. Sebuah pekerjaan yg tidak terlalu sulit bagi Ketua Umum terpilih," tegasnya.[rgu/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa