post image
KOMENTAR
Berdasarkan  data Kementerian Perhubungan, setidaknya 1 dari 4 orang pemudik lebaran tahun ini akan menggunakan transportasi udara.

Diprediksi jumlah pemudik yang menggunakan transportasi udara akan meningkat 7,6 persen dibanding tahun lalu atau sekitar 4,6 juta jiwa. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi bila dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

Data tersebut menegaskan bahwa minat masyarakat Indonesia untuk mudik menggunakan pesawat terus meningkat. Hal ini dikarenakan proses pemesanan tiket pesawat yang makin mudah, bahkan kini dapat dilakukan lewat smartphone.

Sementara itu, data internal Traveloka menunjukkan antusiasme masyarakat Indonesia dalam menghadapi perayaan satu tahun sekali ini, yaitu dengan merencanakan perjalanan mudik sedini mungkin. Berdasarkan histori pemesanan tahun sebelumnya, Traveloka mencatat sebanyak 60 persen tiket pesawat untuk mudik dipesan sejak awal Ramadan.

Sementara itu, kepastian jadwal mudik juga menjadi hal yang penting bagi masyarakat karena sebanyak 75 persen memesan penerbangan pergi dan pulang dalam satu nomor pesanan.

Agar mudik 2016 semakin nyaman, CEO Traveloka, Ferry Unardi menyarankan agar masyarakat memesan tiket pesawat pada H-30 hingga H-15 Lebaran karena harga tiket pesawat relatif lebih murah dan beragam promo masih banyak tersedia.

"Dengan memesan sejak dini, pemudik bisa menghemat tiket pesawat hingga 10 persen," katanya dalam keterangan beberapa saat lalu (Kamis, 9/6).

Berdasarkan data internal Traveloka, harga tiket pesawat pada periode H-7 Lebaran bisa meningkat hingga 2,7 kali lipat dari harga normal.

Untuk kota tujuan favorit, Traveloka memprediksi Surabaya, Padang, Yogyakarta, Makassar, Denpasar sebagai destinasi terpopuler berdasarkan jumlah pencarian selama periode mudik Lebaran 2016.

"Walaupun Denpasar bukan tujuan mudik, namun kota ini tetap menjadi primadona karena sebagian masyarakat memanfaatkan momen Lebaran untuk berlibur," demikian Ferry. [hta/rmol]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam