post image
KOMENTAR
Fakta tentang sesuatu yang populer tentunya sangat menarik untuk kita intip. Apalagi jika berbicara tentang Singapore Airlines yang merupakan salah satu maskapai terbaik di dunia.

Singapore Airlines adalah maskapai bintang 5 yang berasal dari negeri Singapura. Maskapai mewah ini diketahui sebagai maskapai peraih penghargaan terbanyak. Saat ini, Anda sudah bisa mencoba pengalaman terbang bersama Singapore Airlines yang melayani penerbangan ke 65 destinasi pada 35 negara seluruh benua di dunia. Tiket murahnya bahkan bisa Anda pesan melalui online travel agen, seperti Traveloka.

1. Dulunya merupakan bentuk koloni Singapura dan Malaysia

Mungkin banyak orang belum tahu bahwa maskapai nasional negeri singa ini dulunya beroperasi di bawah kendali MAL (Malayan Airways Limited). MAL sendiri merupakan perusahaan maskapai asal Malaysia yang tergabung dengan British Imperial Airways, Straits Steamship Company dan Ocean Steamship Company of Liverpool.

2. Pernah memecahkan rekor penerbangan nonstop terpanjang di dunia

Tahun 2004, Singapore Airlines mengejutkan dunia aviasi dengan meluncurkan penerbangan dengan waktu perjalanan terpanjang tanpa henti dari langit Singapura ke Los Angeles (Amerika Serikat). Penerbangan ini akhirnya dihentikan sejak September 2013.

3. Maskapai trendsetter, sering menjadi yang pertama di dunia

Di dunia aviasi, Singapore Airlines dikenal paling aktif berinovasi. Maskapai ini sering kali menjadi yang pertama dalam meluncurkan sesuatu.

Inovasi pertama yang mengeset tren penerbangan ke level yang lebih tinggi terjadi tahun 1970an. Maskapai premium inilah yang pertama kalinya di dunia, mencetuskan pelayanan mewah ke penumpang ekonomi. Saat itu, Singapore Airlines memperkenankan penumpang kelas ekonomi memilih makanan dan minuman dalam penerbangan, sekaligus memberikan headset gratis untuk in-flight entertainment.

Menjelang tahun 1990, Singapore Airlines menjadi maskapai pertama di dunia yang melakukan penerbangan komersial untuk pesawat Boeing 747-400 dari Singapore ke kawasan pasifik.

Bahkan, pramugarinya pun ikut andil sebagai trendsetter. Pasalnya, kru kabin yang dikenal dengan sebutan Singapore Girl tersebut adalah figur komersial pertama di dunia yang dibuatkan patung lilinnya oleh Museum Madame Tussauds - London.

Memasuki bulan Oktober 2006, dunia aviasi kembali mendapat tantangan tren inovasi dari Singapore Airlines. Maskapai ini memperkenalkan kabin suites mewah untuk semua kelas penerbangan. Di dalamnya termasuk tempat duduk penumpang kelas 1 dan bisnis berukuran terlebar di dunia. Tempat duduk penumpang ini bisa dialihfungsikan sebagai tempat tidur.

Tahun 2007, Singapore Airline adalah yang pertama kalinya mengoperasikan Airbus A380. Armada super canggih double decker tersebut dikirimkan dari Toulouse, Perancis dan melayani penerbangan perdana dari Singapore ke Sidney pada 25 Oktober 2007. Airbus A380 saat ini merupakan armada komersial berukuran terbesar di dunia.

Yang terbaru terjadi di tahun 2015. Memasuki tahun ke 5 bulan tersebut, Singapore Airlines mengoperasikan Charity Flight pertama menggunakan Airbus A380.

4. Pramugarinya cantik dan jago bela diri
Pramugari Singapore Airlines tampil cantik, elegan, lagi tradisional dengan seragam Sarong Kebaya untuk menggambarkan keramahan Asia. Yang cukup mengejutkan orang, ternyata kru kabin ini juga mendapatkan pelatihan bela diri khusus.

Tak sekadar dilatih untuk bisa bertahan hidup di hutan, Singapore Girl juga mendapatkan pelatihan khusus bela diri. Salah satu kelas pelatihan disediakan khusus oleh Shitoryu Karate Association di Singapore dengan nama SIA Cabin Crew Martial Arts Circle.

Menariknya keterampilan bela diri ini tak sekadar dimiliki Singapore Girl untuk mengantisipasi penumpang yang berperilaku kasar, melainkan juga menjadikan mereka lebih terampil, rendah hati, dan menghormati orang lain [***].

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi