post image
KOMENTAR
Otoritas Venezuela menangkap seorang wakil dari firma hukum yang berbasisi di Panama, Mossack Fonseca di tengah skandal Panama Papers.

Wakil dari firma yang ditangkap itu bernama Jannet Almeida. Ia diamankan di markas intelijen militer di Caracas dengan tuduhan mencari klien yang tertarik berinvestasi dalam dana haram dan pencucian uang.

"Ia bertugas mencari pelanggan untuk berinvestasi di dana haram dalam pengaturan bisnis jenis outsourcing," kata kantor kejaksaan dalam sebuah pernyataan akhir pekan ini.

Dalam pernyataan yang sama disebutkan pula bahwa Almeida telah secara ilegal memperoleh dana dengan cara melanggar peraturan perbankan.

Untuk diketahui bahwa Mossack Fonseca & Co. adalah firma hukum dan penyedia jasa pengelolaan aset perusahaan yang berlokasi di Panama. Firma hukum ini bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengatur jasa-jasa perserikatan dan perwalian aset dari suatu perusahaan. Fokus utama dari firma hukum yang memiliki lebih dari 40 cabang di seluruh dunia ini adalah perlindungan aset, perencanaan pajak dan properti.

Firma tersebut dikenal karena terlibat dalam bocoran dokumen surga pajak yang dikenal dengan sebutan Panama Papers. Firma itu menjadi sorotan global karena dinilai membantu orang kaya untuk menghindari pajak dan pencucian uang. [hta]

KOMENTAR ANDA

Baca Juga