post image
KOMENTAR
Kepala polri Jenderal Tito Karnavian meminta masyarakat tidak mudah terpancing segala bentuk hasutan yang dimuat di media sosial. Terkait, kerusuhan yang berujung pembakaran rumah dan tempat ibadah di Tanjung Balai, Sumatera Utara.

"Menyikapi peristiwa ini diharapkan kita yang ber-medsos lebih cerdas dalam menyikapi berita dan provokasi melalui medsos," ujarnya di Jakarta, Minggu (31/7).

Tito sendiri langsung menggelar rapat bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumut di ruang rapat Polda Sumut pasca meletusnya kerusuhan, Sabtu kemarin (30/7). Dalam rapat, Tito membahas mengenai kisruh yang berbau suku, agama, ras, dan antar golongan (Sara) di Tanjung Balai yang mengakibatkan sejumlah rumah ibadah Vihara dibakar massa yang juga merusak beberapa rumah warga.

Dia pun menyampaikan apresiasi kepada para tokoh agama dan FKUB Sumut yang sigap merespon konflik antar umat beragama tersebut.

"Saat ini situasi di Tanjung Balai sudah kondusif. Kapolda, Pangdam beserta jajaran sedang pantau di sana. Situasi sudah terkendali," tegas Tito.

Sementara, Menko Polhukam Wiranto meminta semua pihak dapat menyadari sebagai warga negara Indonesia.

"Kita ini hidup di negara Pancasila, negara demokrasi yang memiliki nafas kebebasan. Namun bukan kebebasan yang mutlak tapi kebebasan yang ada batasnya, ada aturannya. Kebebasan yang tidak mengganggu kebebasan orang lain," jelasnya.

Menurut Wiranto, sebagai negara hukum, supremasi hukum di Indonesia harus dijaga oleh semua pihak dengan cara menghormati dan mematuhinya. Rusuh di Tanjung Balai seharusnya tidak boleh terjadi dan patut disesalkan. Hanya karena miskomunikasi dua warga yang kemudian berkembang manjadi main hakim sendiri dengan melakukan penyerangan, perusakan, dan pembakaran.

"Bukanlah budaya kita untuk menyelesaikan masalah. Yang terjadi justru memperbesar masalah dan telah membawa kerugian besar baik harta, benda maupun semangat kebersamaan kita sebagai satu bangsa," imbuhnya. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas