post image
KOMENTAR
Cuaca buruk yang melanda perairan pesisir barat Sumatera, membuat nelayan enggan melaut, akibatnya pasokan ikan berkurang dan harganya pun mulai melonjak naik di pasaran.

Salah satunya di pasar Pagi Kebun Lada Binjai, Harga ikan laut melonjak naik rata rata 5 ribu perkilonya dari seminggu yang lalu.

Menurut Safwan, salah seorang pedagang ikan di pasar Pagi Binjai, harga ikan mengalami kenaikan akibat cuaca buruk, sehingga nelayan yang melaut tidak banyak.

"ini karena cuaca buruk bang, jadi nelayan yang melaut gak banyak, sehingga stok ikan berkurang dan harga ikan menjadi melonjak," ujarnya, Sabtu (6/8).

Berdasarkan pantauan, harga ikan tertinggi di pasar ini terjadi untuk komoditas ikan laut jenis kakap merah, Ikan kakap merah dijual seharga Rp 65 ribu per kilogramnya, dari harga normalnya Rp 50 ribu/Kg. Begitu juga dengan harga ikan lainnya, seperti ikan gembung kuring dari harga Rp 30 ribu/Kg naik menjadi Rp 35 ribu/Kg.

Sementara ikan bawal juga mengalami kenaikan dari harga Rp 42 ribu/Kg saat ini dijual seharga Rp 50 ribu/Kg, Ikan tongkol yang semula harganya Rp 28 ribu/Kg, naik menjadi Rp 35 ribu/Kg. Sedangkan komoditas udang termurah dijual seharga Rp 70 ribu/Kg dan termahal Rp 135 ribu/Kg.

"Semoga harga bisa kembali normal lagi, kalau harga sudah normal, otomatis banyak yang beli," demikian harapan Safwan.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi