post image
KOMENTAR
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Secanggang Serda Dodi Sumadi Kodim 0203/Langkat, bersama anggota PPL melaksanakan pendampingan terhadap petani dalam pelaksanaan membajak sawah.

Bajak sawah dengan menggunakan traktor pada luas lahan kurang lebih 18 Rante dilaksanakan dilahan milik Anto yang terletak di Dusun 10 Pematang Buluh Desa Tanjung Ibus Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat, Jumat (02/09).
 
Pengolahan menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami, karena dengan sistem Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah, yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.
 
Serda Dodi Sumadi mengungkapkan, pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan.

"Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman," ungkapnya.

"Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional," demikian.[rgu]

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Sebelumnya

Selamat, JNE Medan Raih 4 Penghargaan di Indonesia Marketeers Festival 2020

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi