post image
KOMENTAR
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Secanggang Sertu Adi Susanto Kodim 0203/Langkat, melaksanakan pendampingan terhadap anggota Kelompok Tani Maju dengan memantau perkembangan tanaman padi yang dilanda kemarau panjang dan yang terkena serangan hama wereng dan tikus yang berada di Dusun 1 Pacitan Desa Karang Anyer Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat dengan luas lahan 19 rante dengan jenis padi IR 64, Jumat (2/09).
 
Sertu Adi Susanto mengungkapkan, lahan sawah di Dusun 1 Pacitan Desa Karang Anyer  merupakan sawah tadah hujan sehingga mengandalkan hujan.

"Saat ini sawah tersebut sudah mulai mengering akibat tidak turunnya hujan dan kemarau yang sangat panjang, para petani secara swadaya harus mencari solusi guna mengatasi kekeringan dengan cara memompa air dari sumur yang sengaja dibuat di pinggir sawah karena di sekitar sawah tersebut tidak ada saluran irigasi yang mewadai," ungkapnya.

"Semoga dengan usaha ini para petani bisa tetap panen sehingga para petani tidak merugi dan swasembada pangan bisa terwujud," tambahnya.
 
Dalam kesempatan itu, Sertu Adi Susanto berkesempatan berbincang-bincang langsung dengan Bapak Jefri pemilik sawah.

Menurut Bapak Jefri sebagian besar sawah di Dusun 1 Pacitan Desa Karang Anyer yang merupakan sawah tadah hujan, kebanyakan para petani yang memiliki sawah tadah hujan membiarkan sawahnya tidak ditanami karena kesulitan air hanya beberapa sawah saja yang ditanami.
 
Dalam kesempatan itu juga Sertu Adi Susanto berkesempatan mengecek saluran irigasi yang sudah tidak berfungsi karena minimnya curah hujan pada beberapa bulan terakhir.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi