post image
KOMENTAR
Pada 11 Oktober 2016 mendatang, pesta demokrasi akan berlangsung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sebanyak 259 desa yang berada di wilayah pemerintahan Kabupaten Karo akan melakukan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak. Setiap desa berhak mengajukan maksimal 5 orang calon kepala desa yang nantinya akan dipilih secara langsung oleh warganya masing-masing.

Dari 259 desa tersebut, ada 4 desa yang memiliki bakal calon lebih dari 5 orang. Diantaranya yaitu Desa Semangat Kecamatan Merdeka yang memiliki 6 orang calon, Desa Singgamanik Kecamatan Munthe yang memiliki 8 orang calon, Desa Sibolangit Kecamatan Merek yang memiliki 6 orang calon dan Desa Jandi Meriah Kecamatan Tiga Nderket yang memiliki 6 orang calon kepala desa.

Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 112 tahun 2014 dan Peraturan Daerah (perda) Nomer 4 tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Karo bekerjasama dengan Pemerintahan Desa dan Kelurahan Setda Kabupaten Karo melaksanakan kegiatan fit and proper test yang bertujuan untuk menyaring bakal calon Kades di 4 desa yang akan maju pada Pilkades Oktober mendatang.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Rudang Berastagi, Jumat (9/9) dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karo, Saberina Br Tarigan, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Susi Iswara, Kabag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Setda Kabupaten Karo Eva Angela Br Sembiring, panitia pemilihan Pilkades dan bakal calon Kades di 4 desa yang akan melakukan fit and proper test.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Karo Saberina menyebutkan banyaknya warga yang bersemangat dalam membangun desanya. Terbukti dengan adanya sejumlah desa yang memiliki lebih dari jumlah maksimal bakal calon yang telah ditetapkan pemerintah.

"Ini membuktikan bahwasanya semua bersemangat dalam membangun desa. Namun aturan harus kita taati, bakal calon yang maju setiap desa maksimal 5 orang. Maka dari itu panitia penyelenggara akan melakukan penyaringan bagi 4 desa yang memiliki lebih dari 5 calon," ucap Saberina.

Setiap desa telah membentuk panitia pemilihan kepala desa. Banyaknya jumlah panitia disesuaikan dengan jumlah penduduk desa.

"Kita telah menyiapkan 9 orang panitia yang akan bertugas untuk melakukan tahap mulai dari penetapan bakal calon hingga pemilihan kades yang akan dilaksanakan 11 Oktober mendatang. Kita semua akan bekerja keras untuk mewujudkan demokrasi di kampung kita," ucap Pj Kades Semangat, Bahari Tarigan di sela-sela kegiatan.[rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa