post image
KOMENTAR
Sungai berperan penting dalam kehidupan manusia dan banyak makhluk hidup lainnya. Maka, kelestarian sungai harusnya dijaga oleh seluruh pihak, terutama pemuda.

Untuk itu, dalam memperingati hari Sumpah Pemuda 2016, kumpulan pemuda di Sumatera Utara yang terdiri dari organisasi kepemudaan, komunitas, pramuka hingga media akan bekerja sama membuat 'Aksi Bersih Sungai Deli'.

Ketua DPD KNPI Sumut, Sugiat Santoso, mengatakan bahwa peradaban manusia ditentukan oleh kondisi sungainya. Hal tersebut yang membuat DPD KNPI Sumut ikut menggagas terwujudnya aksi tersebut.

"Sejarah telah mengajarkan kita bahwa peradaban manusia banyak tergantung dari hiruk-pikuk sungai. Peradaban Mesopotamia punya sungai Eufrat dan sungai Tigris. India punya sungai Gangga. China punya sungai Kuning. Mesir punya sungai Nil. Saat itu sungai menjadi pusat kegiatan ekonomi, perang, budaya, bahkan pusat spiritual.Bahkan sungai pernah dianggap suci. Disembah layaknya Tuhan," kata Sugiat Santoso kepada MedanBagus.com, Senin (10/10).

"Begitu juga dengan Kota Medan, sungai Deli pernah memainkan peran penting dalam urat nadi kehidupan masyarakatnya saat itu. Transportasi dan distribusi hasil tembakau dan kebun lainnya diangkut lewat sungai," sambungnya.

Namun, melihat kondisi sungai di Medan dewasa ini, Sugiat merasa begitu kecewa. Menurutnya, sungai di Medan tidak mampu lagi menjalankan fungsinya.

"Tapi hari ini, sungai telah dilecehkan. Sungai menjadi pembuangan sampah yang jorok tak menyehatkan. Sungai-sungai tak dalam lagi karena tumpukan sampah. Belum lagi pengembang yang rakus menimbun bantaran sungai yang kian menyempit. Sungai sebagai penyalur air hujan yang melimpah tak mampu lagi menjalankan fungsinya. Akhirnya air meluap, banjir dimana-mana," jelasnya.

Oleh karena itu, DPD KNPI Sumut sangat antusias dalam mewujudkan aksi tersebut.

"Atas dasar keprihatinan dan panggilan sejarah tersebut, maka DPD KNPI Sumut bekerja sama dengan Komunitas Go Rivers, Sumut Pos, MedanBagus.com, dan Pramuka akan mengadakan 'Aksi Bersih Sungai Deli'," ujar Sugiat.

Sugiat berharap aksi tersebut dapat membangkitkan kembali kecintaan warga terhadap Sungai Deli.

"Semoga dengan kegiatan ini akan membangkitkan kembali rasa cinta kita kepada sungai Deli. Anak-anak kita pun bisa bebas dan nyaman mandi sungai dengan penuh riang gembira. Dan sungai Deli menjadi urat nadi kehidupan masyarakat Kota Medan," demikian Sugiat.[sfj]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas