post image
KOMENTAR
Ratusan pemuda di Kota Medan yang terdiri dari unsur KNPI Sumatera Utara, Pramuka Kota Medan, Komunitas pecinta Sungai Deli Go River, dan Pemko Medan menggelar apel peringatan hari sumpah pemuda di Taman Edukasi Avros, Medan, Jumat (28/10).

Dalam apel bersama tersebut seluruh elemen pemuda dan masyarakat serta Pemko Medan tersebut "bersumpah" akan peduli untuk membersihkan dan memelihara Sungai Deli yang kondisinya semakin memprihatinkan saat ini.

Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution dalam amanatnya meminta cara pandang pemuda dan masyarakat di Kota Medan harus diubah mengenai sungai. Selama ini, menurutnya sungai masih kerap dipandang sebagai "bagian belakang" dari rumah sehingga tidak dipedulikan.

"Sekarang saya mengajak agar mind set tersebut diubah dengan menjadikan sungai sebagai beranda rumah kita, dengan demikian kita secara aktif akan ikut menjaga kebersihannya," katanya.

Akhyar menjelaskan, Pemko Medan saat ini terus menggelar koordinasi dengan pihak Balai Wilayah Sungai dalam hal penataan wilayah bantaran sungai. Hal ini karena kewenangan untuk pengelolaan sungai tersebut berada pada balai tersebut.

"Kami terus berkoordinasi dengan balai wilayah sungai, karena bagaimanapun kewenangan untuk mengelola sungai ini ada pada mereka," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Sumut Sugiat Santoso mengatakan kondisi sungai saat ini menjadi potret dari kesadaran warga Kota Medan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Kondisi Sungai Deli yang dipenuhi sampah menurutnya terjadi akibat minimnya warga yang merasa bertanggungjawab dalam menjaga kelestarian lingkungan termasuk dilingkungan pemukiman masing-masing.

"Persoalan yang banyak dikeluhkan warga sekarang adalah banjir. Saya rasa persoalan banjir tidak sepenuhnya hanya menjadi tanggung jawab Pemko Medan, melainkan juga oleh masyarakat keseluruhan. Jangan buang sampah sembarangan dan jangan pernah mengganggu fungsi drainase," ujarnya.

Apel peringatan hari Sumpah Pemuda digelar dengan berbagai kegiatan yakni musikal monolog sumpah pemuda, pembagian kantong sampah plastik, dan menelusuri sungai menggunakan perahu karet. Sejumlah median juga memberikan dukungan mereka untuk kegiatan tersebut diantaranya medanbagus.com, Sumut Pos, Medan Today, Pewarta Foto Indonesia dan lainnya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa