post image
KOMENTAR
Anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Al-Habsyi mempertanyakan operasi pemberantasan pungutan liar (OPP) yang sedang digalakan oleh Pemerintah.

Pasalnya, menurut dia, persoalan pungli merupakan masalah klasik yang sudah sangat kronis di negeri ini. Namun pemerintahan Presiden Joko Widodo yang sudah dua tahun berjalan, baru menggembar-gemborkan ini baru sekarang.

"Ini masalah klasik, masalah yang sudah kronik di negara ini. Ini sebenarnya serius atau pengalihan isu, karena dadak mendadak. Kan dianggapnya begitu," kata pria yang karib disapa Habib ini dalam diskusi bertajuk 'Pungli, Retorika dan Realitas' di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10).

Padahal, tambah dia, sudah menjadi rahasia umum bahwa praktek pungli sudah berlangsung lama di jajaran birokrasi pusat dan daerah. Karena itu, harusnya menurut dia, praktek tersebut bisa dihilangkan oleh pengawasan internal.

"Kemana tuh letak pengawasan di kementrian. Sebenarnya itu kemana aja, harusnya pemberantasan korupsi bisa dilakukan sejak lama. Ini tiba-tiba ujuk-ujuk karena Presiden mau, langsung gerak OPP polisian," ujar Habib.

Meski begitu, Legislator PKS ini berjanji pihaknya akan mendukung OPP tersebut. Asalkan pemerintah melakukan OPP secara konsisten dan bukan sebagai sarana untuk pengalihan isu, seperti penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama alias Ahok.

"Ini apa sih jangan kayak anget-anget tahi ayam. Jadi memang OPP kita backup penuh apalagi institusi bisa turun semua," tegasnya.

"Mudah-mudahan bukan lagi karena Ahok ini presiden. Masyarakat kita sudah cerdas," lanjut Habib. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas