post image
KOMENTAR
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut akan menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) di Santika Hotel 30 November sampai 1 Desember 2016 dengan satu tekad mengangkat potensi brand lokal bersaing ke level internasional. Demikian disampaikan ketua panitia Prana Hutabarat melalui rilisnya, Minggu (20/11).

Menurut Prana, thema Rakerda kali ini adalah local to international trough digital. Prana yang didampingi Ketua PHRI Sumut Denny S Wardhana dan Sekretaris PHRI Sumut Dewi Juita Purba mengatakan keinginan mendorong brand lokal bersaing hingga ke tingkat internasional seiring dengan keinginan pemerintah mendorong pengembangan kawasan Danau Toba yang akan menjadi salah satu destinasi wisata internasional.

"Kita di Medan dan Sumut harus mempersiapkan diri menghadapi kondisi ke depan dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan penghargaan yang lebih baik kepada wisatawan asing. Nah untuk mendorong brand lokal bisa lebih meningkat, di gelaran Rakerda kita buat sharing knowledge," kata Prana.

Dia mengatakan sharing knowledge ini akan menghadirkan Reza Sunardi, Chairman IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Association) dan penulis buku Kebangkitan Merek Lokal Industri Perhotelan di Indonesia.

"Kita sengaja mengundang Pak Reza untuk memberi motivasi agar merek lokal Sumut terus berkembang. Kita harus melihat competitive advantage. Apa yang bisa menjadi pembeda dari produk-produk lain," ungkapnya.
"Sekarang produk lokal tak bisa lagi meningkatkan kemampuan dengan cara tradisional. Harus aktif di media sosial atau website. Atau kita lihat misalnya online travel agent yang bisa meningkatkan jumlah wisatawan. Lantas bagaimana cara agar brand lokal bisa masuk ke dalam onlie travel agent tersebut. Jadi kita mengundang stakeholder hotel dan restoran di Medan hadir dalam sharing session itu untuk menambah motivasi mengembangkan produk," tuturnya.

Prana juga menambahkan selain menghadirkan pembicara tentang pemberdayaan merek lokal, Rakerda ini juga diisi dengan making bed competition&bed decoration memperebutkan piala bergilir walikota Medan.

"Ini merupakan kompetisi para pekerja hotel memberikan servis lebih baik kepada tamu dalam menyiapkan kamar," ungkapnya.

Dia menambahkan masih ada beberapa agenda lain yang akan dilaksanakan termasuk didalamnya mengevaluasi program kerja yang sudah dan akan dilakukan kepengurusan yang sekarang.

"Dengan Rakerda ini kita harapkan semangat kawan-kawan di PHRI makin terpacu untuk memberikan yang terbaik bagi industri pariwisata di daerah ini," demikian Prana.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi