post image
KOMENTAR
Terdapat lima hal yang penting dan harus selaras untuk selalu diperhatikan para orang tua saat proses tumbuh kembang anak yakni aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi dan keterampilan sosial. Keterampilan sosial menjadi sangat penting bagi anak-anak Indonesia karena dengan memiliki keterampilan sosial, anak mampu bekerjasama dengan orang lain di masa tumbuh kembangnya dan memiliki rasa percaya diri sehingga mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat.

Menurut dokter spesialis gizi klinik, Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK keterampilan sosial ini memiliki kaitan erat dengan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap karena status nutrisi memiliki hubungan dengan perkembangan sosio-emosional anak dalam masa tumbuh kembang.

"Anak yang terlengkapi nutrisinya cirinya adalah akan menjadi anak yang sehat dan mampu beraktivitas dengan baik dan berpotensi untuk memiliki keterampilan sosial lebih baik dibanding anak yang nutrisinya tidak tercukupi," katanya dalam kampanye "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya" yang digelar oleh SGM Eksplor di Plaza Medan Fair, Minggu (27/11).

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Psikolog Anna Surti Ariani menambahkan, anak yang sehat merupakan landasan utama seorang anak bisa memiliki keterampilan sosial yang baik.

"Dengan tubuh yang sehat akibat kecukupan nutrisi yang baik, ia menjadi anak yang lebih tahan menghadapi stres, dan lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya dan menjadi anak yang supel di kemudian hari," ujarnya.

Sementara itu Senior Brand Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo mengatakan, mereka mengkampanyekan program tersebut agar para orang tua lebih memahami pentingnya nutrisi bagi anak dan mengenali ciri anak yang nutrisinya terpenuhi.

"Keterampilan sosial pada anak sangatlah penting dan kami meluncurkan kampanye ini sebagai salah satu bentuk dukungan kami kepada para Bunda di seluruh Indonesia untuk bisa memberikan produk susu pertumbuhan yang bernutrisi baik sehingga membantu mendukung anak untuk tumbuh optimal dan mampu memiliki keterampilan sosial yang baik pula," ungkapnya.

Kampanye sejenis akan mereka lakukan di seluruh Indonesia sebagai bentuk dukungan terhadap proses tumbuh kembang anak Indonesia yang terpenuhi nutrisinya. Kota besar lainnya yang juga menjadi tempat kampanye yakni Surabaya, Yogyakarta dan akan dilanjutkan ke Makassa dan Jakarta pada awal tahun 2017 mendatang.[rgu]

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Kesehatan