post image
KOMENTAR
Tokoh muda nasional asal Sumatera Utara, Effendi Syahputra bersama generasi muda di Kabupaten Deliserdang menggagas poros perubahan dengan nama Deliserdang Masadepan. Gerakan ini adalah gerakan kerja membangun optimisme publik di Kabupaten Deliserdang melalui program pemberdayaan masyarakat tepat sasaran.

"Poros perubahan kaum muda ini digagas untuk memberi warna di Kabupaten Deliserdang, semangatnya adalah semangat turun ke masyarakat, ke kampung-kampung, kemudian bahu membahu membuat kontribusi nyata bagi masyarakat Deliserdang." Ujar Effendi saat berdialog bersama perwakilan pemuda yang datang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Deliserdang.

Effendi menjelaskan, ada beberapa program yang akan digulirkan, diantaranya untuk sektor pertanian, perikanan, peternakan dan UMKM, keseluruhan program ini akan dilaksanakan dengan pola kemitraan masyarakat dan tim deliserdang Masadepan.

"Insyaallah dalam beberapa bulan ke depan, kami akan bangun pilot project bersama anak-anak muda deliserdang di tiap-tiap kecamatan, kesemuanya partisipatif, berdampak nyata pada akar persoalan," jelas Effendi di desa Telaga Sari dalam rangka safari 'Kami Bersama Deliserdang Masadepan'

Kehadiran gerakan ini disambut antusias kaum muda Deliserdang dan dianggap dapat menjadi poros perubahan yang diinisiasi oleh anak-anak muda. Beberapa anak muda di Tanjungmorawa, Delitua, Batangkuis, Hamparan Perak, Galang, Bangun Purba, Labuhandeli, Pantai Labu, Lubuk Pakam dan Percut  Sei Tuan telah menggelar pertemuan membahas program Deliserdang Masa Depan.

"Pembahasan yang paling intens adalah menciptakan peluang ekonomi yang di setiap kecamatan. Anak-anak muda Deliserdang diminta untuk menguraikan potensi-potensi ekonomi di setiap kecamatan yang ada untuk kemudian direalisasikan dalam program kemitraan yang saat ini sedang digodok mekanismenya," ujar Erwin Syahputra (Tanjungmorawa) didampingi Suyono (Lubukpakam) dan Eddy S Effendi  (Delitua), Minggu (19/2).

Suyono menjelaskan, mereka mau mendukung gerakan itu karena memang saat ini anak-anak muda di Deliserdang kurang mendapat sentuhan perhatian. Dengan adanya program Deliserdang Masa Depan, yang disandingkan dengan program pemerintah saat ini, tentu akan membawa efek positif bagi penguatan ekonomi UMKM di Deliserdang.

Poros Perubahan


Effendi Syahputra, sang inisiator Deliserdang Masa Depan mengungkapkan, apa yang dilakukannya adalah sebagai bentuk kepedulian dirinya terhadap generasi muda di Deliserdang. "Sebab saya melihat sejauh ini potensi kaum muda ini belum digarap maksimal, padahal kaum muda inilah yang akan merangkai masadepan deliserdang ke depan, dan poros perubahan itu ada pada kaum muda," ujar pengacara alumni fakultas hukum USU ini.

Ditegaskannya, program-program yang ada dalam Gerakan Deliserdang Masa Depan adalah murni untuk mengoptimalkan kreativitas generasi muda dan menguatkan ekonomi masyarakat prasejahtera di Deliserdang. Sehingga menjadi poros baru tempat berhimpunnya semangat kaum muda yang optimis akan perubahan deliserdang ke arah yang lebih baik.[rgu]

Yayasan BAITUL MAAL PLN Wilayah SUMUT Hadirkan Bakti Sehat Untuk Negeri Di 10 Kecamatan Kota Medan Terdampak Banjir

Sebelumnya

Majelis Telkomsel Taqwa Hadirkan Senyuman Anak Pulau Melalui Khitanan Massal Gratis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa