post image
KOMENTAR
Ketua Umum DPD Dewan Pengguna Jasa Pelabuhan Indonesia (Depalindo) Sumut Hendrik H Sitompul mengatakan Indonesia mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Internasional Global Shippers’s Alliance (GSA) dan Asia Shippers’s Aliance (ASA). Pertemuan internasional eksportir dan para asosiasi pengusaha tingkat dunia dan asia berlangsung di Indonesia Convention dan Ekshibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan pada 3 Maret 2017 besok.

Berbicara kepada wartawan, Hendrik mengatakan salah satu topik utama yang  akan dibahas yakni kinerja logistik dan ekonomi global. Alasan pengangkatan isu tersebut karena peranan Indonesia dalam kancah perdagangan asia dan global khsususnya, harus mampu memberikan prospek terbaik dan mampu mengatasi kendala-kendala disektor logistik.

"Isu peningkatan kinerja logistik akan kita suarakan dalam forum pertemuan itu. Agar para stakeholder dapat memahami perlunya kekuatan ekonomi disektor logistik dikuatkan," terangnya.

Dari sisi kebangkitan perekonomian, Hendrik membahas soal perlunya meningkatkan kinerja logistik di Asia. Alumni PPRA 52 Lemhannas RI ini mengatakan, pembahasan dalam sistem logistik di Indonesia sangatlah kompleks. Untuk itu, pengembangan sistem logistik nasional dapat dibuat dengan membangun konektivitas atau keterhubungan pusat-pusat ekonomi antar koridur.

"Berbagai faktor seperti keragaman komoditas, luas wilayah, kondisi geografis dan kondisi infrastruktur. Banyak pihak terkait dalam sistem logistik nasional itu. Berangkat dari perspektif tersebut, untuk mendukung upaya meningkatnya efektifitas serta menekan biaya tinggi di sektor logistik, maka Depalindo memandang perlu dilakukannya diskusi panel dengan tema Meningkatkan Kinerja Logistik Asia untuk Pertumbuhan Ekonomi Global," ucap pria yang kini menjabat sebagai Anggota DPRD Medan dari Fraksi Partai Demokrat itu.
 
Ditambahkan, dalam acara nanti, sambung Hendrik, beberapa negara-negara tetangga menghadiri kegiatan tersebut. Sekitar 17 negara akan hadir dalam pertemuan tahunan itu. Panitia juga secara khusus mengundang Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita sebagai Keynote Speaker sekaligus membuka kegiatan tersebut.[rgu]

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Sebelumnya

Selamat, JNE Medan Raih 4 Penghargaan di Indonesia Marketeers Festival 2020

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi