post image
Foto/Net
KOMENTAR

Pesan tiket pesawat adalah hal yang mudah sekarang ini, dengan memanfaatkan aplikasi online yang memudahkan kita dalan memesan tiket pesawat.

Memesan tiket pesawat memang terlihat sepele, namun sebenarnya dibutuhkan ketelitian saat memesannya. Banyak yang harus diperhatikan secara detail saat pemesanan tiket pesawat. Salah mengisinya bisa mempengaruhi perjalanan kamu nantinya.

Akibat kesalahan pemesanan dapat berdampak dibatalkannhya pemesanan tiket pesawat dan kembali memesannya dengan mengikuti prosedur yang cukup ribet.

Buat menghindari kesalahan dalam pemesanan tiket. Berikut ini tips dan triknya :

1.  Teliti saat mengisi identitas penumpang

Kebanyakan calon penumpang seringkali melakukan kesalahan saat mengisi kolom identitas. Biasanya kesalahan terjadi saat menulis nama atau gelar. Perlu diingat kalau penulisan nama harus sesuai dengan nama yang tertera di paspor dan kartu identitas penduduk (KTP) karena saat check in, petugas bandara akan mengecek seluruh kelengkapan dokumen.

Maka penting sekali untuk mengecek kembali data identitas penumpang sebelum membayar tiket pesawat. Jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan nama, jenis kelamin, nama sesuai dengan paspor, nomor paspor benar dan berlaku enam bulan ke depan.

2. Teliti Dalam Melihat Bandara Tujuan

Pada umumnya orang hanya fokus pada destinasi, tidak pada bandara. Padahal beberapa kota di dunia punya dua sampai tiga bandara. Perhatikan dengan jelas, mana bandara yang dekat dengan penginapan dan kendaraan yang tersedia dari sana menuju pusat kota. Perhatikan juga apakah bandara kedatangan dan kepulangan kamu sama atau tidak.

3. Memesan Penerbangan Lanjutan Dengan Waktu Mepet

Meski dikejar waktu dab terburu-buru sekali pun jangan pernah untuk memesan penerbangan lanjutan dengan waktu mepet. Perlu kamu ketahui kalau proses transit itu tidak sebentar karena ada banyak hal yang harus diurus saat transit. Maka dari itu, selalu sediakan minimal 90 menit untuk penerbangan lanjutan.

Usahakan sebisa mungkin pesan maskapai yang sama atau berafiliasi dengan maskapai pertama. Hal ini akan memudahkanmu untuk mendapatkan informasi mengenai proses transit. Selain itu, kamu juga harus memastikan untuk tiba di ruang tunggu 20 menit sebelum waktu masuk pesawat.

4. Salah Baca Waktu Penerbangan

Calon penumpang pesawat juga sering melakukan kesalahan saat membaca waktu penerbangan. Perlu diingat, setiap maskapai memiliki aturan tersendiri dalam penulisan waktu penerbangan di tiketnya. Bisa menggunakan waktu AM dan PM atau waktu 24 jam.

Hal ini biasanya disebabkan calon penumpang kurang teliti dan malah mengira waktu AM dan PM dengan waktu 24 jam. Jika tidak yakin dengan hal ini, sebaiknya segera telepon operator maskapai terkait mengenai waktu keberangkatan.

5. Kesalahan Membaca Maksimal Beban Bagasi

Perlu diketahui jika jatah bagasi untuk penerbangan domestik dan internasional itu berbeda. Di Indonesia, kesalahan sering terjadi ketika melanjutkan penerbangan dari pesawat jenis biasa ke pesawat jenis ATR.

Pesawat jenis ATR biasanya memiliki aturan beban bawaan yang jauh lebih kecil dari pesawat jenis biasa. Jadi, sebelum pesan tiket pesawat, ada baiknya untuk membaca beban bagasi yang kamu disediakan oleh maskapai tersebut.

Nah, sudah jelas kan, hal hal apa saja yang dapat mengakibatkan kesalahan yang dapat terjadi oleh penumpang pesawat?

Jika sudah tahu kesalahan yang sering dibuat saat memesan tiket pesawat. Maka, mari mulai teliti saat sebelum memesan tiket pesawat yuk!.[krm]

Instagram Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental

Sebelumnya

7 Destinasi Wisata Alam Paling Mengesankan di Bali

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Lifestyle