post image
KOMENTAR

Kabut tebal terlihat menyelimuti Kota Medan sejak pagi hingga siang ini, Rabu (30/7/2014). Namun demikian pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan menyebutkan, kabut tersebut bukan berasal dari asap kebakaran hutan yang terjadi dikawasan Riau.

"Cuaca kabut tersebut murni disebabkan terjadinya pergeseran awan yang menyebabkan terjadinya mendung," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan Hendra Suwarta, sesaat lalu.

Ia menjelaskan, arah angin pada bulan Juni hingga Agustus cenderung menjauhi pusat ibukota Provinsi Sumatera Utara dan cenderung mengarah ke negara tetangga seperti Malaysia.

"Arah angin pada bulan ini dari Barat menuju Barat Daya. Jadi kecil benar peluangnya asap Riau sampai ke Medan. Akan tetapi beda halnya jika terjadi kebakaran hutan dikawasan Langkat maupun Aceh pada bulan ini, asap itu dipastikan sampai ke Medan. Cuaca hari ini murni karena mendung," ujarnya.

Kondisi saat ini menurutnya berbeda dibanding bulan Januari dan Februari lalu, dimana arah angin cenderung dari Timur menuju Tenggara. Sehingga pada saat terjadi kebakaran hutan dikawasan Riau, asap yang ditimbulkan bisa sampai ke Medan.

"Di awal tahun ini, diseputar kawasan Sumatera bagian Utara, arah angin dari Timur menuju Tenggara. Sehingga saat terjadi kebakaran hutan di Riau, asapnya bisa sampai ke Medan. Namun untuk dibulan ini, kondisi cuacanya cukup aman bagi warga Medan sekitarnya," jelas Hendra.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa