post image
KOMENTAR
Ancaman longsor akan terus meningkat seiring meningkatnya hujan. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam rilis elektronik, Sabtu (19/12).

"Diperkirakan Januari hingga awal Februari 2016 adalah puncak musim hujan," ujarnya.

Karenanya, BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. Menurut Sutopo, longsor adalah jenis bencana yang paling mematikan selama 2014 dan 2015 dibandingkan dengan jenis bencana lain. Tingginya kerentanan menyebabkan korban tertimbun longsor.

"Ada 41 juta jiwa masyarakat yang tinggal di daerah bahaya sedang hingga tinggi longsor yang tersebar di 174 kabupaten/kota," urainya.

Mereka tinggal di lereng perbukitan dan pegunungan, tebing sungai dengan mitigasi yang masih minim, baik struktural dan non struktural. Sementara, tata ruang berbasis longsor sangat berperan dalam mereduksi longsor.

Tata ruang tersebut harus diimplementasikan secara nyata. Menurut dia, masyarakat juga perlu ditingkatkan kapasitas dan kemampuannya untuk memitigasi lingkungan sekitarnya.[rgu/rmol]

Kabut Asap, Sejumlah Bandara Tutup Di Sumatera Utara

Sebelumnya

Usai Ditetapkan Tersangka Karhutla, Polri Akan Cabut Izin PT Sumber Sawit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa