post image
KOMENTAR
Pengusaha nasional yang juga pendiri Yayasan Artha Graha Peduli (AGP) Tomy Winata mengirim utusan untuk memantau dari dekat Tim Ekspedisi Indonesia Raya di Gunung Aconcagua, Argentina.

Ekspedisi ini diperkuat pendaki tunadaksa berkaki satu dari Indonesia, Sabar Gorky, dan lima anggota Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Tim Ekspedisi Indonesia Raya sudah sepekan lamanya berada di Argentina, dan kini dikabarkan berada di Kamp Canada di ketinggian 4.900 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Kami sudah bertekad memberikan dukungan maksimal untuk Ekspedisi Indonesia Raya. Kami diutus Pak Tomy Winata untuk memantau langsung pendakian dari titik terdekat," ujar Promotor Ekspedisi Indonesia Raya Teguh Santosa.

Menurut Teguh, dirinya akan berangkat ke Argentina bersama Manajer Ekspedisi Dar Edi Yoga dan Asisten Manajer Feril Nawali pada Selasa siang (1/3). Begitu mendarat di ibukota Argentina, Buenos Aires, rombongan kecil ini langsung menuju kaki gunung Aconcagua di Mendoza.

"Kami menaruh kepercayaan penuh kepada tim pemandu dari Acomara Guide yang mendamping Sabar dan kawan-kawan di Ekspedisi ini. Sejauh ini pelaksanaan pendakian sesuai dengan yang direncanakan," ujarnya.

Teguh Santosa mendampingi Sabar Gorky sejak tahun 2011 dalam ekspedisi di Gunung Elbrus di Rusia dan Gunung Kilimanjaro di Tanzania. Kedua gunung masing-masing adalah yang tertinggi di Eropa dan Afrika.

Pada tahun 2012 Teguh Santosa mengikutsertakan Sabar Gorky dalam kompetisi internasional panjat dinding tunadaksa di Paris, Prancis. Dalam ajang bergengsi ini Sabar Gorky menempati urutan keempat.

Pada tahun 2014, persis di hari ulang tahun Jakarta 21 Juni, Teguh Santosa mempromotori pendakian Tugu Monas oleh Sabar Gorky.

Menurut Teguh, Tomy Winata dan Dankomar TNI AL Mayjen (Mar) Buyung Lalana, serta pendukung lain Ekspedisi Indonesia Raya menitipkan salam untuk Sabar Gorky dan kawan-kawan.

"Mas Sabar mengatakan kepada saya bahwa setiap gunung adalah unik. Setiap pendakian adalah tantangan baru. Saya datang ke Argentina membawa salam dan dukungan dari Pak Tomy dan Pak Buyung serta pendukung Ekspedisi lainnya," demikian Teguh.  

Tim Ekspedisi Indonesia Raya dilepas oleh Tomy Winata, Mayjen (Mar) Buyung Lalana dan Teguh Santosa pada tanggal 18 Februari lalu. Juga hadir dalam pelepasan itu mantan Dubes RI untuk Argentina Kartini Pandjaitan dan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono.

Aconcagua (6.962 mdpl) merupakan gunung tertinggi di Amerika Selatan sekaligus gunung tertinggi kedua di dunia. Bagi Sabar Gorky, ini adalah gunung tertinggi keempat yang ditaklukkannya.

Dalam pendakian kali ini Sabar Gorky didampingi lima anggota TNI AL yang dipimpin Letkol (Mar) R Saragih. Empat anggota Korps Marinir lainnya adalah Kopda (Mar) Sigit Purwoko, Kopda (Mar) Imam Rozikin, Praka (Mar) Erlando B., dan Praka (Mar) Didik Rudiyanto.

Selain itu tiga pendaki lain yang ikut dalam Ekspedisi Indonesia Raya adalah Asep Sumantri, Syatiri Achmad Aswani, dan Widya Victoria, redaktur di Kantor Berita Politik RMOL (grup medanbagus.com).[rgu/rmol]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa