post image
KOMENTAR
Komandan Kodim 0203/Langkat, Letkol Inf Roy Hansen J.Sinaga, Kamis (26/5), membuka acara Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Triwulan II  TA 2016, di Aula Makodim 0203/Langkat.

Dalam acara tersebut, Dandim mengatakan penyelenggaraan kegiatan pembinaan ini sebagai wujud pembinaan mitra.

"Di selenggarakannya kegiatan ini, adalah wujud pembinaan mitra karibnya dalam rangka mencapai keberhasilan tugas pokok TNI AD melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial yang merupakan fungsi utama," pungkasnya.

Pembinaan teritorial dalam aplikasinya di antaranya dilaksanakan dengan merekrut mitra karib terpilih serta membina sebagai perpanjangan tangan aparat komando kewilayahan dalam upaya mendapatkan berbagai informasi di wilayahnya.

“Guna mendukung dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, maka setiap prajurit Satkowil dituntut memiliki kemampuan memecahkan masalah, kemampuan mengayomi, kemampuan berkomunikasi, wawasan pengetahuan yang luas, serta senantiasa menjadi panutan dan suri teladan,” sambungnya.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, fungsi teritorial merupakan center of gravity kekuatan pertahanan, sekaligus merupakan fungsi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

TNI sebagai alat pertahanan negara mempunyai tugas pokok menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Pada kesempatan itu, Danramil 18 Lettu T.Manihuruk, yang memimpin kegiatan ini mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh para perwakilan Danramil, Babintahwil, dan Babinsa dari jajaran Kodim 0203/Langkat.

Lebih lanjut Manihuruk  menyampaikan, dalam kegiatan penyelenggaraan pembinaan teritorial perlu tindakan antisipasi aparat kewilayahan untuk menghadapi berbagai kerawanan yang terjadi di wilayahnya.

Dalam rangka meningkatkan “temu cepat lapor cepat” terhadap permasalahan dan perkembangan di daerah, perlu adanya kesamaan pandangan dan persepsi para Babinsa tentang pembentukan peta jarak jaring teritorial.

"Untuk itu tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut guna meningkatkan pemahaman tentang pembinaan peta jarak jaring teritorial di satuan komando kewilayahan, sehingga memperlancar kegiatan deteksi dini, cegah dini, dan sistem lapor cepat," demikian Manihuruk.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa