post image
Foto/RMOLSumut
KOMENTAR

Membahagiakan anak tidak selalu identik dengan berbagai kecukupan secara materi. Namun hal itu dapat dilakukan dengan hanya memberikan kepedulian dan juga keterlibatan dalam proses tumbuh kembang sang anak.

Demikian disampaikan psikolog Elisabeth Santosa dalam workshop Grow Happy Parenting yang digelar oleh Lactogrow, di Junction Cafe, Jalan Keuskupan Agung, Medan, Rabu (7/8/2019).

"Keterlibatan orangtua bagian penting dalam proses tumbuh kembang anak," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Elisabeth membagikan beberapa tips bagi para orangtua untuk membahagiakan anak. Tips pertama, yakni makan makanan yang bergizi dan tepat waktu.

"Ada anak yang tiap hari diberi mie instan, saya heran bagaimana anak mau bahagia kalau tiap hari hanya makan mie instan," katanya.

Tips kedua, yakni waktu bermain dan ekplorasi. Ia menilai orang tua harus ikut terlibat ketika anak bermain. "Ladeni saja anak. Misalnya pulang kerja kita dipanggil, pa sini. Datang dan dengarkan dia bercerita," ucapnya.

Tips ketiga kata Elisabeth, yakni ekspresi emosi positif. Orang tua harus perbanyak senyum dengan anak. Sebab, mood anak akan berpengaruh kepada prestasinya. Kemudian tips keempat yaitu itu cukup tidur. 

"Anak itu tidak perlu banyak tidur siang, tidur nya yang harus dicukupkan," tuturnya.

Sedangkan tips kelima, yakni berikan cinta tanpa syarat. Dalam hal ini orang tua menurutnya diwajibkan untuk menurunkan ego pribadi dan lebih memberikan perhatian dan rasa cinta yang penuh kepada anak.

"Hal ini tidak mudah, karena orang tua harus menurunkan ego," sebutnya.

Tips terakhir, antusias mendengar. Di mana, orang tua ikut berkomunikasi dua arah dengan anak. [dar]

Perempuan Sering Sekali Merasakan 5 Masalah Kecantikan Ini

Sebelumnya

Demi Kesehatan Mental Kamu, Milikilah Sebuah Persahabatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Lifestyle