post image
KOMENTAR
Harap berhati-hati bagi anda yang ingin mengisi libur Natal dan Tahun Baru. Pasalnya, sejumlah kawasan objek wisata di Sumut diancam bencana. Peringatan ini disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Beberapa kawasan yang dimaksud adalah Langkat dan Tanah Karo, yakni Bukit Lawang dan Berastagi, dimana akan terjadi ancaman longsor menjelang akhir tahun 2012, akibat intensitas curah hujan masih tinggi.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Stasiun Bandara Polonia Medan, Mega Sirait SP, meminta masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, menyikapi peluang hujan ke depan terutama akhir Desember 2012. Sembahe arah ke Berastagi setiap musim hujan bertahun-tahun selalu menjadi langganan longsor.

Menurut data BMKG Wilayah I, hingga akhir Desember peluang curah hujan masih cukup tinggi di kawasan pergunungan maupun perbukitan di Sumatera Utara, terutama di Berastagi Tanah Karo dan Bukit Lawang Langkat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat diminta sebaiknya menyikapi ancaman longsor ke depan, setidaknya menyediakan alat-alat berat, mengatasi ancaman tersebut.

Sebelumnya Mega Sirait juga menyampaikan sinyal, curah hujan di Sumatera Utara masih didominasi di wilayah pergunungan dan pantai barat. Untuk itulah perlu diwaspadai ancaman longsor  terutama di wilayah Tapanuli Tengah (Tapteng), Tapsel, Madina, Karo, Dairi dan Taput.

Namun kawasan pesisir timur seperti Medan, Deliserdang, Langkat dan Serdang Bedagai (Sergai), curah hujan saat ini mulai berkurang.

Begitupun kondisi perairan untuk saat ini cenderung normal, namun kawasan pantai barat seperti kawasan Sibolga bahkan Nias, tinggi gelombang laut bisa mencapai 2,5 meter. [ded]

 

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam