post image
KOMENTAR
MBC. Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan sebanyak 175 PDAM di Indonesia tergolong tidak sehat. Sakitnya PDAM ini disebabkan karena murahnya tarif air yang dijual pada masyarakat.

Untuk itu Agus meminta pada pemerintah daerah, sebagai penanggung jawab untuk menaikkan tarif PDAM agar lebih sehat dan bisa melayani masyarakat.

"(PDAM) itu sakit, karena tarif mereka dibawah harga pokok, kalau mau sehat tarif harus naik sesuai full cost recovery," ujar Agus dalam acara Indonesia Water dan Wastewater Expo dan Forum 2013 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Mengenai masalah tersebut, pemerintah pusat telah memberikan solusi pada PDAM agar merestrukturisasi utang mereka. Namun dari 175 PDAM yang sakit, hanya 123 PDAM yang mengajukan dan saat ini sedang di proses. "Hanya 123 permohonan restrukturisasi dan bisa terjadwal," tegasnya.

Ditempat yang sama, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengaku sependapat dengan Agus, menurut Djoko penjualan air saat ini masih ada yang dibawah harga pokok sehingga PDAM tersebut merugi.

Djoko menilai, meruginya PDAM ini karena adanya kebocoran anggaran yang dilakukan hingga mencapai 31 persen. "Bukan kebocoran pipa, tapi kebocoran air yang menjadi uang. Airnya sampai, tapi uangnya tidak sampai," pungkasnya. (chi/rob/jpnn)

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi