post image
KOMENTAR
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Polonia Medan memprakirakan, daerah pesisir pantai timur Sumatera Utara berpotensi menerima banjir kiriman disebabkan tingginya curah hujan wilayah pegunungan.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Polonia Medan Mega Sirait mengatakan, daerah pesisir yang berpotensi menerima banjir kiriman itu adalah Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, Labuhan Batu, dan Kota Medan.

Potensi genangan air karena banjir kiriman tersebut semakin berpeluang terjadi untuk pemukiman warga yang berada di bantaran sungai.

Secara umum, lanjut Mega, Sumut memang mulai memasuki musim kemarau pada bulan Pebruari, sehingga menimbulkan suhu yang cukup panas pada siang hari. Namun, terdapat gangguan cuaca berupata tekanan di pantai barat Pulau Sumatera yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga massa udara terbawa.

Massa udara tersebut menyebabkan banyak uap air yang berpotensi menjadi hujan di wilayah pegunungan dan perbuktian seperti di Kabupaten Tapanuli Tengah, Tapanuli Utaram Langkat, Dairi, Karo, dan Toba Samosir.

Dikatakan Mega, curah hujan yang turun di pegunungan tersebut turun menjadi banjir kiriman ke daerah pesisir timur Sumut yang berada d bagian rendah.

Selain banjir kiriman, tingginya peluang curah hujan itu juga menimbulkan kerawanan longsor di daerah yang berada di pegunungan tersebut. [ant/hta]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam