post image
KOMENTAR
Ketua Umum Perhimpunan Kebun Binatang Se Indonesia (PKBSI) DR H Rahmat Shah menerima kunjungan dari Direktur Zoo Liberec Repubik Ceko yang juga sekaligus Presiden UCSZ (Union of Czech and Sloakia Zoo) di Rahmat Gallery, Medan, Senin (18/2).

Dalam kunjungannya itu Dr David Nejedlo selaku Presiden UCSZ menyampaikan kesan yang baik atas apa yang dilakukan DR H Rahmat Shah sebagai seorang tokoh Senator, Diplomat, namun perhatiannya terhadap kelestarian alam, khususnya flora dan fauna sangat tinggi.

“Bapak Rahmat Shah memiliki komitmen dan concern terhadap lingkungan hidup, utamanya kelestarian flora dan fauna di Indonesia, tentunya ini modal besar yang disumbangkan beliau untuk bangsa Indonesia. Seperti halnya Gallery satwa liar ini yang merupakan saana yang baik untuk ilmu pengetahuan dan penelitian ilmiah, yang hanya satu-satunya di Asia, perlu kita dukung,” puji David Nejedlo yang saat itu hadir bersama Tomas Ouhel dan Pavel Hospodarsky.

Pada kesempatan itu, Rahmat Shah menyambut baik kedatangan rombongan dari Liberec Zoo sekaligus memperkenalkan yang dilakukannya bukan hanya Gallery tetapi juga pengelolaan taman hewan Pematangsiantar yang saat ini menjadi kebanggaan masyarakat Sumut.

“Kita perlu menyampaikan kepada mereka, kedatangan mereka selain bersilaturahmi bertukar pengalaman, ini juga menunjukkan mereka concern terhadap apa yang kita lakukan dalam upaya pelestarian satwa liar. Kami meminta agar mereka berkunjung ke Taman Hewan Pematangsiantar, agar mereka dapat melihat langsung perbandingan terhadap kepedulian kita dan apa yang telah kita perbuat untuk penyelamatan satwa liar. Ini kesempatan buat kita untuk mengubah image pihak luar seolah-olah kita ini adalah negara pembantai satwa."

"Kita akui memang ada perlakuan-perlakuan yang tidak adil terhadap satwa liar kita sebagai akibat pembukaan lahan untuk keentingan ekonomi, tetapi kita juga senantiasa menjaga kelestarian alam dan satwa liar. Seperti kami selaku Ketua Umum PKBSI dengan anggota di tiap-tiap provinsi, terus melakukan sosialisasi pentingnya peran dan fungsi dari Kebun Bintang atau Taman Satwa. Kami juga melihat ada peluang untuk kerjasama antara PKBSI dengan pihak UCSZ, dan ini akan kami rapatkan terlebih dulu dengan pengurus PKBSI," kata Rahmat yang juga Anggota DPD RI. [ans]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam