post image
KOMENTAR
Menteri BUMN Dahlan Iskan bilang dalam hitungan kasar, Indonesia kelebihan daging sapi karena total produksi dan kebutuhannya sesuai. Kebutuhan daging sapi per orang mencapai sekitar 1,9 kilogram per tahun, sementara produksi daging mencapai 14 juta ekor. Namun pada kenyataannya, produksi sapi lokal belum mencukupi kebutuhan sehingga harus ada impor.

Dia menuturkan, data tersebut kemungkinan bisa salah atau benar. Akan tetapi, menurutnya, ada sejumlah pihak yang memanfaatkan kesempatan dalam impor daging sapi.

"Jadi kalau di Singapura, harga daging sekitar Rp45.000 per kg, sementara di Jakarta harganya RP90.000 per kg. Singapura kan impor juga, itu artinya importir (kita) labanya besar sekali, bisa dilihat dari selisih harga yang besar," katanya, Rabu, (6/3/2013), seperti dilansir dari Antara.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, hingga lima tahun ke depan Indonesia masih akan mengimpor daging sapi karena produksi sapi lokal masih sulit memenuhi kebutuhan daging nasional.

"Impor sapi akan panjang, lima tahun lagi impor daging sapi masih akan terjadi, jadi ya impor sajalah," kata Dahlan dalam acara Silaturahmi Pers Nasional di Jakarta.

Oleh karena itu, Dahlan mengatakan bahwa izin impor harus diberikan kepada lembaga khusus seperti halnya impor beras yang dilakukan Bulog.

Bulog, yang bisa mengimpor beras, pada 2012 meraih untung hingga Rp800 miliar. Akan tetapi, Bulog merugi karena laba mereka dikembalikan lagi untuk membeli beras ke petani.

"Pemikiran ini yang saya kira bisa diadopsi untuk daging. Jadi yang diberi hak impor beras, harus tolong petani beras, yang diberi hak impor daging, harus tolong peternak daging, yang diberi hak impor gula, harus tolong petani tebu," katanya. [rob]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi