post image
KOMENTAR
Sidang uji kelayakan Calon Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo (foto) menjadi ruang anggota Komisi XI DPR untuk menanyakan keterkaitan Agus dengan skandal korupsi proyek Hambalang dalam kapasitasnya sebagai Menteri Keuangan.

Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Arif Budimanta, meminta Agus menjawab secara detail pertanyaan darinya menyangkut Hambalang.

''Seperti apa sebenarnya yang terjadi, agar publik juga tahu,'' pancing Arif di tengah sidang yang berlangsung di ruang rapat Komisi XI, Senin (25/3/2013).

Arif merasa pertanyaan itu relevan karena nama Menteri Keuangan Agus Martowardojo tertera dalam hasil kajian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR untuk kasus Hambalang.

Memang, dari hasil telaah terhadap hasil audit investigatif Hambalang tahap pertama BPK yang dilakukan BAKN, ditemukan Manteri Agus telah melakukan pelanggaran dalam menetapkan persetujuan kontrak tahun jamak proyek Hambalang.

Seperti tertulis dalam laporan hasil telaah BAKN yang diserahkan kepada Pimpinan DPR, Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati juga ikut bertanggung jawab dalam penetapan tahun jamak bagi proyek yang kemudian menghabiskan total anggaran Rp2,5 triliun ini. Keterlibatan Anny muncul saat dirinya menjabat Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan.

''Ini bukan kami yang mengatakan, tapi ini adalah temuan BPK dan BAKN DPR,'' sindir Arif Budimanta seperti dilansir Rakyat Merdeka Online.

Agus juga dipertanyakan komitmennya untuk tidak menghambat pengusutan megaskandal Bank Century jika nantinya terpilih duduk di jabatan Gubernur BI. [ans]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa