post image
KOMENTAR
MBC. Kini banyak artis tenar yang terjun ke dunia politik. Namun kehadiran mereka dikhawatirkan kurang mewakili aspirasi masyarakat di parlemen.

"Kita banyak melihat minimnya pengalaman dan kapasitas caleg berlatar belakang artis. Jika pun mencalegkan artis seharusnya partai melihat pengalaman politik si artis itu, jangan serampangan," ujar pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Gun-Gun Heryanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (23/4/2013).

Dia menambahkan, masuknya artis ke panggung politik menunjukkan gagalnya partai politik melakukan kaderisasi secara berjenjang di kalangan internal.

Selain itu, katanya sebagaimana disiarkan Rakyat Merdeka Online, selebritis yang maju menjadi caleg juga harus memahami bahwa tidak mudah bertransformasi dari figur di dunia hiburan ke dunia politik. Syaratnya, selain popularitas, juga butuh mematut diri dalam hal tingkat penerimaan, keterpilihan, dan kesukaan publik.

"Pemilu tahun 2009, dari 59 artis yang maju hanya 15 orang yang sukses ke DPR. Artinya, tidak jaminan juga dia populer terus bisa terpilih," jelas Gun-Gun.

Sekadar diketahui, nama-nama artis beken siap terjun ke dunia politik pada Pemilu 2014 mendatang diantaranya Nasrullah alias Mat Solar (Bajaj Bajuri) yang menjadi caleg PPP dapil DKI Jakarta III, Angel Lelga Dapil Jateng V dan Hengky Kurniawan yang menjadi caleg PAN Dapil Jatim V. [ans]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa