post image
KOMENTAR
Jutaan warga Belanda, Selasa (30/4/2013), menyambut dengan bangga Raja Willem Alexander Claus George Ferdinand (46). Meski menjadi raja, pakar manajemen air ini akan tetap hidup seperti orang biasa bersama istrinya, Ratu Maxima, bekas bankir asal Argentina.

Willem akan tetap berpergian naik sepeda dan Maxima yang hobi shopping akan tetap belanja di supermarket terdekat. Ketiga putri mereka juga akan masuk sekolah negeri bersama anak-anak rakyat biasa lainnya.

Sebelum melihat bagaimana sepak terjang Willem, Raja termuda di Eropa ini, seperti dikutip dari Harian Rakyat Merdeka, mungkin banyak orang yang belum tahun seputar kepribadiannya.

Pertama, Raja menjahit sendiri jaket hujannya. Sewaktu masih sekolah di Atlantic Collage, dekat Bridgend, Inggris, Willem Alexander pernah ikut pelatihan perahu RNLI (Royal National Life Boat) di kampusnya.

Salah satu syarat menjadi anggotanya, setiap peserta harus menjahit sendiri jaket hujan mereka. Kelompok ini sering diminta untuk mendampingi tim SAR di setiap usaha penyelamatan korban bencana.

Kedua, anggaran Kerajaan Belanda tertinggi dibandingkan keluarga kerajaan di seluruh Eropa. Jumlah anggarannya 31 juta poundsterling pada tahun lalu (sekitar Rp 468,4 miliar). Ini empat kali lebih banyak dari pada keluarga kerajaan Spanyol.

Ketiga, Willem punya banyak sebutan. Karena dia sangat hobi minum bir dan pernah mencebloskan mobilnya ke selokan suka bersenang senang, dia dijuluki Prins Pils atau Pangeran Besar.

Keempat, ulang tahun Monarki akan diselenggarakan dengan pasar kaget. Mulai tahun depan, Koninginnedag atau Hari Ratu akan diganti menjadi Koningsdag atau Hari Raja. Untuk merayakan Hari Raja, warga diperbolehkan menjual apa saja, seperti pasar kaget. Warga memilih untuk merayakan hari itu dengan menjual berbagai mobil buatan dalam negeri.

Kelima, satu-satunya keluarga kerajaan yang tidak memakai mahkota adalah Willem Alexander. Pada saat upacara penyerahan tahta dari ibunya, Ratu Beatrix, mahkota dan tongkat kerajaan hanya dijadikan pajangan.

Ketujuh, menikahi sosok kontroversial. Ratu Beatrix, pada 1966, menikahi Claus Georg von Amsberg yang merupakan keturunan bangsawan Jerman yang punya hubungan dengan Adolf Hitler. Pada 2002, Willem Alexander menikahi Maxima Zorre guieta Cerruti, putri diktator Argentina. Ayah Maxima, Jorge Zorreguieta, tidak menyetujui pernikahan putrinya dan tidak datang di hari pernikahan.

Kedelapan,  Raja Willem Alexander adalah calon raja Belanda urutan ke-889. Selain itu, anak-anak raja masuk sekolah negeri. Keluarga kerajaan juga punya pekerjaan. Adik Willem Alexander, Friso, adalah bankir dan Kepala Keuangan Urenco, perusahaan energi nuklir. Adik terkecil Willem-Alexander, Constantjin bekerja di Rand Corporation, lembaga think tank. Sedangkan Willem adalah ahli manajemen air di pemerintah.

Kesembilan, mereka terlibat dalam politik. Berbeda dengan keluarga kerajaan Inggris yang tidak mau ikut campur dalam dunia politik dan tidak mau memberikan opini bersifat politis. Bekas Ratu Beatrix pernah membalas sindiran partai anti Islam, yang menyindir pakaiannya saat berkunjung ke masjid di Oman dan Abu Dhabi.

Kesepuluh, tidak mau dianggap sebagai keluarga kerajaan yang kaku, Raja Willem-Alexander tidak ingin dipanggil sebagai Willem IV. [rob]














Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Budaya