post image
KOMENTAR
Wamenparekraf Sapta Nirwandar mengatakan kekurangan anggaran jangan menyurutkan niat panitia Festival Danau Toba ke Jakarta.

Itu disampaikannya saat memaparkan secara detil jenis-jenis acara dan penganggarannya, di depan Sekdaprov Sumut Nurdin Lubis, Ketua Panitia Festival Danau Toba yang juga Bupati Samosir, Mangindar Simbolon, dan sejumlah wakil bupati yang wilayahnya berada di sekitar Danau Toba, di gedung Kemenparekraf, Jakarta, kemarin (7/5/2013).

Di sana, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah membuat perhitungan anggaran yang mencapai Rp31, 039 miliar.

Nurdin Lubis saat memberikan tanggapan soal pendanaan, menyebutkan APBD Pemprov Sumut 2013 hanya mengalokasikan Rp3 miliar saja untuk acara tahunan ini. Alasannya, Pemprov tidak menduga acara tahun ini sebesar seperti yang dipaparkan Sapta.

"Asumsi kita masih seperti tahun lalu, tak sebesar ini," ujar Nurdin.

Wakil Bupati Humabahas, Marganti Manulang, malah menyebutkan, APBD Humbahas 2013 hanya menyediakan Rp100 juta saja. Karenanya, baik Nurdin maupun Marganti, meminta Sapta segera mengirim surat resmi ke Pemprov dan pemkab/pemko di sekitar Danau Toba, mengenai masalah pentingnya ada tambahan dana APBD.

"Surat itu nanti menjadi dasar kita mengeluarkan anggaran tambahan, dengan mekanisme Pendahuluan P-APBD. Jadi masih mungkin ada alokasi dana tambahan," ujar Nurdin.

Sementara, Sapta mengatakan, dari kementeriannya sudah siap dana Rp4 miliar hingga Rp5 miliar untuk acara Festival Danau Toba ini. "Pokoknya, jangan karena APBN atau APBD yang kurang, jadi mandeg agenda ini," ujar Sapta. Pihak panitia juga akan menggalang sponsor.

"Setelah ini, kita akan undang tokoh-tokoh Batak yang berkiprah di level nasional dan internasional. Sudah ada 60 tokoh yang sudah kita daftar untuk diundang," ujar Sapta Nirwandar.

Sapta menjelaskan, selain akan dimintai masukan terkait acara yang akan digear 8-14 September 2013 ini, para tokoh Batak juga akan dimintai bantuan pendanaan. [rob]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Budaya