post image
KOMENTAR
Untuk mendongkrak tingkat konsumsi ikan di tengah masyarakat, Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST melakukan tebar benih ikan di Desa Kuta Gugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Jumat  (10/5/2013).

Tak kurang 10 ribu benih ikan mas dan ikan nila disebar untuk menambah persediaan stok ikan di daerah itu.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga melantik kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Provinsi Sumatera Utara yang diketuai Sutias Handayani, istri Gubernur.

Kegiatan tebar benih dan pelantikan yang dilaksanakan tepi Danau Laukawar ini turut dihadiri Danlantamal 1 Belawan Laksamana Pertama Didik Wahyudi SE,  Direktur Pemasaran Dalam Negeri Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Ir Sadullah Muhdi MBA, Wakil Ketua FORIKAN Pusat Ir H Edi Surya, Sekda Kabupaten Karo Ir Makmur Ginting, dan sejumlah pejabat SKPD Pemrov Sumut.

Gatot berpendapat, kesadaran mengkonsumsi ikan perlu terus digiatkan karena sangat penting bagi keberlangsungan protein dan gizi keluarga. Lewat gerakan seperti ini Gatot berharap dapat terwujud masyarakat yang sehat, kuat dan cerdas.

Dalam programnya, FORIKAN Sumut harus bisa menggabungkan dengan karakter lokal setempat. Misalnya di Tanah Karo kegiatan ini dapat lebih kaya karena masyarakat setempat punya menu khas ikan arsik. Atau di daerah Tapanuli Selatan ada kearifan lokal berupa Sungai Larangan.

Semua ini jika dikelola dengan baik akan dapat bersinergi dengan visi peningkatan konsumsi ikan di tengah warga.

"Tumbuh dan berkembangnya FORIKAN di Sumut, saya harap memberikan dampak positif bagi peningkatan konsumsi ikan di Provinsi Sumatera Utara. Strategi peningkatan konsumsi ikan dapat dilakukan dengan  melalui pendekatan penyediaan, pendekatan permintaan, dan pendekatan kelembagaan," ujar Gatot. [ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi