post image
KOMENTAR
Manajemen Garuda Indonesia menyiapkan tiga unit pesawat baru berkapasitas 96 kursi di Bandara Kuala Namu Internasional, Sumut.

Langkah ini merupakan lanjutan dari rencana pengembangan Medan sebagai pusat distribusi (hub) ke empat Garuda setelah Jakarta, Denpasar dan Makasar.

"Penyediaan pesawat baru itu sejalan dengan pengembangan Medan dijadikan sebagai hub Garuda dan Medan jadi hub barat," kata General Manager Garuda Indonesia Medan, Syamsuddin, kepada wartawan di Medan, Kamis (23/5/2013).

Dia menjelaskan, pesawat yang akan menetap "parkir" di Kuala Namu itu merupakan sebagian dari pesawat baru Garuda yang akan masuk tahun ini sebanyak 24 unit yang terdiri dari Boeing 777-300 ER, Airbus A330, Boeing 737-800NG, dan Bombardier CRJ1000 NextGen.

Syamsudin menginformasikan pihaknya juga akan segera membuka jalur destinasi internasional dari Medan ke Singapura, Kuala Lumpur dan Penang. Rute Medan-Penang misalnya akan dibuka pada 1 Juni 2013.

"Untuk para pengguna jasa dari bandara lain seperti dari Padang, dan Palembang bisa meneruskan perjalanan langsung menggunakan Garuda dari Medan," ujarnya.

Garuda Indonesia sendiri mulai membuka tiga rute penerbangan domestik sekaligus yakni Medan-Batam, Medan-Padang, dan Medan-Palembang.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahuddin Nasution, mengatakan, pelaku industri pariwisata di daerah itu semakin optimistis menjalankan bisnisnya dengan dioperasionalkannya Bandara Kuala Namu.

"Mudah-mudahan Kuala Namu bisa segara beroperasi karena proyek yang merupakan salah satu program MP3EI ( Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) itu diperkirakan semakin mendorong pertumbuhan ekonomi Sumut,"katanya. [rob]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi