post image
KOMENTAR
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputi, harus hati-hati menyikapi wacana soal elektabilitas Joko Widodo dalam Pilpres mendatang.

Kehatian-hatian yang dimaksud, Megawati harus menahan diri untuk tidak mencalonkan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai calon presiden.

Di saat yang sama, kata peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), R Siti Zuhro, Joko Widodo juga jangan sampai tergoda dengan wacana tersebut. Bagaimanapun juga Jokowi, begitu Joko Widodo disapa, harus terlebih dulu menuntaskan tugas dan kewajiban sebagai gubernur yang baru dijabatnya kurang dari setahun.

"Bila Jokowi mau jadi capres, maka dia menjadi kutu loncat di pemerintahan. Dan ini tamparan keras bagi etika pemerintahan di Indonesia," kata Siti Zuhro beberapa saat lalu, Jumat (31/5/2013).

Menurut Zuhro, sebagaimana disiarkan Rakyat Merdeka Online, Megawati harus ikut mencegah dan melarang Jokowi menjadi capres. Sebab partai politik juga memiliki tanggung jawab yang besar menjaga dan menciptakan tata kelola pemerintahan yang etis dan baik.

"Jangan merasa akan kehilangan momentum. Kalau memang Jokowi berhasil memimpin Jakarta, momentum di 2019 juga akan berpeluang bagi Jokowi," tegas Zuhro. [ans]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa