post image
KOMENTAR
MBC. Kebun binatang Medan atau Medan Zoo, kembali mendapat pasokan satwa. Kali ini, sepasang harimau bengala atau Panthera Tigris asal kebun binatang Ragunan, resmi menjadi penghuni baru Medan Zoo.

Pemindahan dua satwa buas ini merupakan rangkaian kerjasama kedua kebun binatang sebagai lembaga konservasi dalam melakukan barter satwa.            
Setelah melewati perjalanan darat selama tiga hari, Jumat (31/5/2013) siang tadi, sepasang harimau Bengala asal kebun binatang Ragunan ini tiba di kebun binatang Medan atau Medan Zoo di kawasan jalan Pintu Air, Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Selayang.

Berdasarkan data dari pihak pengelola kebun binatang, kedua satwa tersebut masing-masing Avatar, harimau jantan berusia 6 tahun dan Wesa, Harimau Betina berusia 7 tahun.

Di kebun binatang ini, kedua satwa yang dibawa dengan ditempatkan di sebuah keranjang, selanjutnya langsung dimasukkan ke dalam kandang teralis besi.

Terkait pemindahan ini, koordinator satwa kebun binatang Ragunan yang turut mengantar sepasang satwa buas ini mengungkapkan, pemindahan ini merupakan rangkaian barter antara kedua kebun binatang yang tergabung dalam lembaga konservasi.

Pihak Ragunan sengaja mengirimkan harimau Bengala ke Medan, karena Medan tidak memiliki harimau jenis tersebut.

Sementara, menurut pihak medan zoo, proses pertukaran satwa ini sudah berlangsung sejak tahun 2012 silam, setelah adanya persetujuan dari dirjen perlindungan hutan dan konservasi alam.

Medan zoo merupakan tempat konservasi sejak 2010 jadi sesuai dengan SK Menteri Kehutanan. Disitu kita dibenarkan tukar menukar satwa. Kita membuat kerja sama antara ragunan dan Medan zoo.

"Ini merupakan awal Medan zoo untuk pertukaran satwa. Ke depan mungkin kita akan kerja sama lagi dengan kebun binatang lainnya. Dimana bulan 10 Medan zoo akan menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional PKB Seluruh Indonesia," ujar Ichwan Husein Siregar, Direktur Operasional Medan Zoo, kepada wartawan, Jumat tadi.

Untuk memenuhi koleksi satwa yang lebih banyak lagi sebagai daya tarik pengunjung, Medan zoo juga berencana menjalin kerjasama dengan kebun binatang lainnya. [rob]

 




 

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam