post image
KOMENTAR
Sebanyak 21 tim baik lokal maupun asing dipastikan turun pada kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2013 di Sumatera Barat, 2-6 Juni.

Dari 21 tim yang turun pada kejuaraan yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat itu terdiri dari 15 tim asing dan enam tim lokal yang akan memperebutkan hadiah sebesar Rp1,2 miliar.

Mereka akan menempuh jarak 1.173 kilometer yang terbagi dalam tujuh etape dan akan melalui 17 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat.

Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) pastikan akan menurunkan dua pembalap senior sebagai pemimpin skuad tim nasional Indonesia di kejuaraan internasional Tour de Singkarak 2013.

Selain Ryan Areihan, yang diplot sebagai kapten tim, PB ISSI juga memberi kepercayaan kepada Fatahilah Abdulah sebagai wakil kapten.

"Di luar nama dua pembalap senior tadi, timnas Indonesia juga akan didukung Aiman Cahyadi, Rohmad Nugroho, Bambang Suryadi, Rastra Patria, dan Robin Manulang," kata Manajer Timnas Indonesia, Endang Subagyo, Jumat (31/5).

Diakui Endang, strategi penurunan dua pembalap senior sebagai pemimpin timnas Indonesia tidak lepas dari target yang dicanangkan PB ISSI pada TdS tahun ini. Seperti pada TdS 2011 lalu, tahun ini PB ISSI optimistis timnas bisa finis di urutan ketiga secara keseluruhan untuk kategori tim (beregu).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, TdS 2013 akan berjalan lebih berat lantaran memiliki rute lebih panjang (dari 800 kilometer menjadi 1.173 km) sehingga harus dibagi dalam tujuh etape, dan banyak lintasan yang berkarakter tanjakan cukup berat. Selain itu, faktor kompetitor yang terus membaik setiap tahunnya juga menjadi alasan lain.

Tahun ini, TdS akan diikuti 22 tim, yang terdiri dari enam tim dalam negeri dan 16 tim luar negeri (Jepang, Malaysia, Iran, Singapura, Australia, Uzbekistan, Vietnam, dan Filipina), dengan total pembalap yang ikut serta sebanyak 220 orang. [rob]


Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Olahraga