post image
KOMENTAR
Bermula dari kerinduannya untuk bertemu dengan alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) yang tersebar di seluruh Indonesia, akhirnya kakek 73 tahun yang memiliki nama lengkap Raden Andik Jayaprawira ini berhasil memantapkan putaran roda sepedanya mengelilingi Indonesia, guna menyerukan pelestarian hutan dan lingkungan.

Kakek yang biasa disapa dengan Kang Andik ini adalah alumni SKMA Bogor tahun 1964, dan saat ini dia bertempat tinggal di Jalan Gunung Sari Raya 29, RT 013, RW 004, Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah, kota Banjarmasin.

Kakek dari 12 orang cucu ini mengawali perjalanannya bersepeda mengelilingi Indonesia dari Banten pada tanggal 16 September 2014. Kang Andik menceritakan bahawa ia telah berhasil singgah di 128 Kabupaten/Kota di Jawa – Bali dengan waktu tempuh selama 271 hari dengan jarak tempuh 6.000 km.

Lalu Kang Andik masuk ke NTB – NTT selama 105 hari dengan 29 Kabupaten/Kota yang tersinggahi dalam jarak tempuh 7900 km, terdiri dari 4.500 km darat dan 3.400 laut.

Menyempurnakan kunjungannya ke kawasan timur, Kang Andik juga menyempatkan diri masuk ke negara tetangga Timor Leste, dari Motoain sampai ke Balibo.

Di Sulawesi, suami dari putri Dayak Melly Gumer Binti ini menghabiskan waktu selama 135 hari, dengan 77 (dari 80) Kabupaten/Kota, dalam jarak tempuh 8.900 km darat.

Di wilayah Maluku Utara Kang Andik mengunjungi 4 Kabupaten/Kota, di Papua Barat – Papua, ia mengunjungi 13 Kabupaten/Kota dan Maluku 1 Kabupaten/Kota.

Selanjutnya, Kunjungannya ke Kalimantan dimulai dari Kalimantan Utara sampai Kalimantan Barat, melewati semua Kabupaten/Kota, kecuali 1 Kabupaten yaitu Kabupaten Sukamara di Kalimantan Tengah. Semua propinsi di Kalimantan dilewati dengan jarak tempuh 6.800 km.

Dari Kalimantan, Kang Andik menuju Kepulauan Riau (Kepri), mengunjungi Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang. Dari Kepri Kang Andik terbang menuju Nanggroe Aceh Darusalam. Disini 23 Kabupaten/Kota yang menjadi target kunjunganya.

Dari Aceh Kang Andik akan menuju Sumatera Utara, Riau, lalu ke Sumbar dan seterusnya ke selatan hingga Lampung dan akhirnya kembali ke Banten, yang dijadwalkan sekitar bulan Mei 2017.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa