post image
ILUSTRASI
KOMENTAR
Facebook adalah salah satu jejaring sosial paling populer. Banyak yang menggunakan facebook untuk mencari jodoh. Namun tak sedikit yang terjebak dengan paras cantik dan sexy yang ada pada profile wanita-wanita di facebook.

Justru hal ini sering dimanfaatkan beberapa orang untuk beberapa tujuan, hanya sekedar iseng, untuk mempromosikan sebuah website, untuk mempromosikan bisnis yang dijalankan atau memang sengaja mempunyai tujuan untuk menipu.

Krisando Simbolon (30), warga Kabupaten Rokan Hulu salah satu dari sekian banyak korbannya. Dia terbuai foto cantik yang menjadi kenalannya di FB sehingga tanpa sadar duitnya diporoti jutaan rupiah.

Krisando tertarik dengan akun FB bernama Desy Handayani. Dalam profil FB itu, menampilkan foto wanita berambut sebahu menggunakan kaos warnah ping dengan paras yang ayu. Dia mengaku bekerja sebagai dokter di rumah sakit umum Pekanbaru.

Kasusnya kini ditangani Polsek Pekanbaru Kota dan telah mengamankan seorang janda berinisial RN, Selasa (11/6/2013).

Agar kasus serupa tidak terjadi, ada baiknya perhatian akun facebook teman-teman anda yang kemungkinan palsu. Catatan penting, belakangan terjadi sejumlah pergeseran dimana pemilik akun palsu cenderung lebih aktif mengupdate status atau mengganti foto profilnya. Bahkan pada sejumlah kasus, foto yang dipajang bukan lagi perempuan bertubuh seksi namun wajah ramah perempuan berjilbab atau memiliki pekerjaan yang mapan.

Namun dari situ bisa diketahui apakah akun tersebut palsu atau asli. Sinyal akun tersebut asli atau palsu bisa diurai sebagai berikut;

1. Jika profil Facebook seorang wanita, biasanya status atau chatting hanya berisi rayuan. Pembuat akun Facebook palsu, biasanya membuat akun dengan profil seorang wanita muda yang cantik. Hal ini untuk mempermudah mendapatkan banyak teman.

2. Nama atau profil di Facebook asing atau tidak dikenal.
Apabila ada orang yang mengajak berteman di Facebook. Lihat dulu profilnya, apakah orang ini anda kenal atau benar-benar asing bagi anda. Lihat juga teman yang dia punya di Facebook. Apakah ada diantara temannya di Facebook yang anda kenal.

2. Teman Facebook yang Acak
Biasanya, pemilik akun Facebook palsu yang bertujuan untuk mempromosikan suatu hal, cenderung mencari teman secara acak, dari beberapa daerah bahkan dari berbagai negara. Hal ini bertujuan agar promosinya dapat menjangkau daerah yang lebih luas.

3. Foto profil sedikit dan tidak pernah upload foto atau sebaliknya. Perempuan adalah mahluk yang paling sosial. Anda patut curiga apabila hanya memajang foto profilnya sendiri tanpa temannya. Lebih diwaspadai jika komentar di facebook itu lebih banyak lelaki ketimbang rekan satu komunitas atau sahabatnya.

4. Tanpa Interaksi
Sering update status di Facebook. Tapi tidak ada interaksi dengan teman facebook, karena memang tidak bertujuan membangun jaringan pertemanan. Biasanya interaksi akun facebook palsu ini dengan teman facebook sangat kurang.

5. Tiba-tiba Mengajak Chatting
Pemilik akun Facebook palsu jarang melakukan chatting. Namun jika dia mengajak chatting biasanya dia curhat karena tertimpa musibah lalu meminta bantuan uang kepada anda. Tak jarang mereka mengirim nomor rekening tertentu, semisalnya ini: 5765019xxx BANK B*A atas nama orang tertentu. [ded]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam